BPJS Ketenagakerjaan Blitar Sukses Gelar Job Fair dan Career Expo, Wali Kota Santoso Beri Pujian | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

BPJS Ketenagakerjaan Blitar Sukses Gelar Job Fair dan Career Expo, Wali Kota Santoso Beri Pujian

Jun 08, 2022 15:40
Wali Kota Blitar Santoso hadir langsung dan membuka Job Fir dan Career Expo yang digelar BPJAMSOSTEK.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Wali Kota Blitar Santoso hadir langsung dan membuka Job Fir dan Career Expo yang digelar BPJAMSOSTEK.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Blitar Santoso membuka Job Fair dan Career Expo yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar, Rabu (8/6/2022). Kegiatan Job Fair dan Career Expo ini mengusung tema ‘Pulih Bersama Pekerja Indonesia. Agenda ini digelar BPJAMSOSTEK dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mengentaskan pengangguran.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto mengatakan Job Fair dan Career Meeting ini adalah pertama kalinya diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar. Selain membantu pemerintah mengatasi pengangguran, dalam event ini BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar juga memberikan edukasi kepada masyarakat sejak dini yakni masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Bantu Sepatu AFO Anak Disabilitas dan Bantuan Biaya Hidup Anak Yatim HIV/AIDS

‘’Edukasi ini penting dan ini kami sampaikan lebih dini. Kami sampaikan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan  untuk perlindungan kerja. BPJAMSOSTEK ini wajib bagi pekerja. Dan melalui kegiatan ini kami sampaikan pentingnya BPJAMSOSTEK kepada masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Harapanya ketika sudah bekerja mereka paham pentingnya BPJAMSOSTEK,’’ kata Agus.

Dalam Job Fair dan Career Meeting ini BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar bekerjasama dengan 30 perusanaan dan  Agen Kantor Perisai selaku mitra. Khusus untuk Agen Perisai, pencari kerja langsung ditraining untuk mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat secara luas. Ada 100 lebih lowongan kerja yang dihadirkan. Agenda ini berjalan sukses ditandai dengan dihadiri oleh ratusan pencari kerja. 

‘’Pencari kerja untuk Agen Kantor Perisai langsung ditraining hari ini untuk menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan. Mereka akan membantu kami untuk meningkatkan kepesertaan di sektor informal,’’ tukas Agus.

Agus menambahkan, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan dari Blitar Raya saat ini terdata sekitar 35.000.Jumlah tersebut meliputi 12.000 orang dari wilayah Kota Blitar dan sisanya dari wilayah Kabupaten Blitar. Disampping itu ada 3.000 pemberi kerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. 

‘’PR kita sebenarnya adalah memperluas kepesertaan di sektor informal. Oleh sebab itu kita saat ini benar-benar fokus untuk sektor informal seperti nelayan, petani dan lainya. Kepersertaan di sektor informal benar-benar perlu dioptimalkan. Target kami di tahun 2022 ini ada tambahan peserta sekitar 8.000 peserta dengan prioritas di sektor informal,’’ tutup Agus. 

Dalam kesempatan ini Wali Kota Blitar Santoso secara khusus memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar yang sukses menyelenggarakan Job Fair dan Career Expo. Agenda ini menghadirkan 30 perusahaan dengan 100 lowongan kerja. 

Baca Juga : Bulan Bung Karno, Rektor Unisba Blitar Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai-nilai Pancasila

‘’Kegiatan ini dipadati ratusan pencari kerja. Ini momentum yang bagus. Saya berharap langkah yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan ini tidak hanya membantu masyarakat Kota Blitar. Tapi juga ada pencari kerja yang datang dari luar daerah. Pada dasarnya Job Fair ini adalah dalam rangka membantu, menjembatani anak-anak muda yang mencari pekerjaan dan kehilangan pekerjaan,’’ kata Santoso.

Dampak dari pandemi Covid-19 yang berkepanjangan cukup luar biasa. Di sektor ekonomi, banyak perusahaan yang kolap akibat dari pandemi.Dampaknya banyak pekerja yang di PHK. Santoso menilai Job Fair dan Career Expo yang digelar BPJS Ketenagakerjaan ini adalah terobosan dalam rangka pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat.

‘’BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkot Blitar akan terus berkolaborasi. Dan Job Fair ini adalah terobosan luar biasa dari Pak Agus selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Blitar.Dan harapan saya lebih sering-sering saja event semacam ini diselenggarakan. Kami dari Pemkot Blitar akan terus mensuport,’’ tegas orang nomor satu di Kota Blitar (ADV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bpjs ketenagakerjaan blitar BPJAMSOSTEK

Berita Lainnya