Polres Madiun Perketat Pengawasan Hewan Ternak, Upaya Pencegahan PMK | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Polres Madiun Perketat Pengawasan Hewan Ternak, Upaya Pencegahan PMK

Jun 07, 2022 19:48
Petugas dari polres Madiun melakukan pemeriksaan sebagai upaya pencegahan PMK. (Foto: Muhammad Nasir/JatimTIMES).
Petugas dari polres Madiun melakukan pemeriksaan sebagai upaya pencegahan PMK. (Foto: Muhammad Nasir/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sampai saat ini belum ditemukan di Kabupaten Madiun. Namun meski begitu, Polres Madiun berkoordinasi dengan Pemda melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Madiun Bidang Peternakan untuk intensif melakukan langkah-langkah pencegahan.

Salah satunya dengan melalukan penyekatan dan pemeriksaan jalur lalu lintas perdagangan hewan ternak masuk maupun keluar Kabupaten Madiun. Seperti siang ini, Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo bersama sejumlah pihak terkait melakukan pemeriksaan dan penyekatan kendaraan pengangkut hewan ternak di perempatan Jl. Raya Madiun - Ngawi Dusun Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga : Sambut Hari Bhayangkara Ke-76, Polres Ngawi Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah Serentak

Kapolresta Madiun mengatakan, penyekatan ini sengaja dilakukan, sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus dan wabah PMK yang menyerang hewan ternak jenis sapi, kambing yang keluar masuk Kabupaten Madiun.

Selain itu, Kapolres Madiun juga melakukan pengecekan di Posko PMK (Puskesmas Hewan) Dusun Krapyak, Desa Purworejo, Kecamatan Pilangkenceng dan berkoodinasi dengan dr. Deny Setiawan terkait perkembangan situasi PMK di wilayah Kabupaten Madiun.

Dia menambahkan, pengecekan terhadap hewan ternak sapi itu meliputi pemeriksaan fisik. Mulai dari mulut, kuku, hingga pengukuran suhu tubuh. Hewan ternak yang memiliki penyakit mulut dan kuku biasanya menunjukkan sejumlah gejala-gejala, seperti suhu badan tinggi hingga mulut sariawan.

"Kami sangat serius terkait PMK ini, sedari awal kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasi baik melalui Bhabinkamtibmas yang melakukan pengecekan dan sosialisasi ke semua peternakan sapi di desa binaan dan melakukan pemantauan ketat di beberapa Rumah Potong Hewan (RPH)," jelas Kapolres Madiun.

Baca Juga : Coaching Clinic Permudah Urus SIM Tanpa Calo

Pada kesempatan ini juga Kapolres Madiun mengimbau kepada peternak dan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, namun harus berhati-hati serta waspada terhadap Penyakit Mulut dan Kuku.

"Menjelang Idul Adha ini tentunya kebutuhan sapi dan kambing meningkat, namun kita harus berhati-hati dan segera mungkin melaporkan bila terdapat hewan ternak dengan tanda-tanda PMK agar segara kita antisipasi," imbau Kapolres Madiun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
wabah pmk wabah pmk kota madiun

Berita Lainnya