Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gali Ilmu Pengawasan Pemilu, Alumni Kader SKPP Daring Sambangi Bawaslu Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

19 - May - 2022, 14:32

Placeholder
Mahasiswa SKPP daring bersama Komisioner Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa.

JATIMTIMES - Sepekan usai libur Lebaran, aktivitas Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar mulai digas lagi dengan kegiatan penguatan kapasitas internal dan sosialisasi lewat media sosial. Kantor Bawaslu Kabupaten Blitar pada Selasa (17/5/2022) menerima kedatangan alumni kader Sekolah Pengawas Partisipatif (SKPP) daring tahun 2020.

Henni, alumni SKPP daring, ini datang beserta lima rekannya dari Universitas Negeri Malang (UM). Lima mahasiswa semester 6 Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Hukum Kewarganegaraan ini sengaja menyambangi kantor Bawaslu Kabupaten Blitar di Jalan Ahmad Yani Nomor 42, Kota Blitar untuk berkonsultasi terkait rencana magang.

“Saya pribadi telah mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga saat mengikuti SKPP daring. Sehingga, ketika ada program magang dari kampus rasanya ingin kembali menggali ilmu di Bawaslu. Terlebih ke depan ada perhelatan pemilu dan pilkada pada 2024,” kata Henni, mahasiswi asal Blitar.

Baca Juga : 2021 Diklaim sebagai Kerusakan Infrastruktur Terparah di Tulungagung dalam 10 Tahun Terakhir, Ini Penyebabnya

Henni datang bersama lima rekannya. Yakni Gabriel dari Jombang, Eka dari Jogjakarta, Adisa dari Kepanjen, dan Feri dari Malang.

“Saat ini sifatnya kami kulo nuwun dan ingin berkonsultasi terkait persyaratan mengajukan magang di kantor Bawaslu Kabupaten Blitar,” imbuh Gabriel.

Rombongan mahasiswa Universitas Negeri Malang ini disambut oleh anggota Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa yang juga koordinator divisi pengawasan dan hubungan antarlembaga. Dalam kesempatan ini Priya mengatakan, Bawaslu Kabupaten Blitar selalu membuka pintu lebar-lebar bagi pihak luar yang ingin berkunjung. Termasuk bagi para mahasiswa yang bermaksud magang, Bawaslu Kabupaten Blitar juga membuka kesempatan yang luas.

“Intinya, kami selalu terbuka terhadap pihak dari luar. Untuk magang, hanya memerlukan surat pengajuan dan pengantar dari dekan universitas atau perguruan tinggi,” ungkap Priya.

Baca Juga : Sebagai Partai Pengusung, PDIP Tulungagung Ikut Bertanggungjawab Atas Masalah Infrastruktur

Lebih dalam Priya menyampaikan, kedatangan para mahasiswa yang salah satunya adalah alumni SKPP daring merupakan bentuk komunikasi berkelanjutan dari program pencegahan dan sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Blitar. Sebab,  ujung atau muara dari SKPP adalah munculnya para kader pengawas partisipatif di tengah masyarakat.

“Mahasiswa merupakan bagian penting sasaran Bawaslu dalam memberikan pendidikan politik. Karena mereka langsung bersinggungan dengan masyarakat,” pungkas Priya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy