Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Bakteri ini yang Picu Sekeluarga Keracunan hingga Tewaskan 2 Orang di Jombang

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Apr - 2022, 17:40

Placeholder
Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jombang Puguh Saneko saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto: Adi Rosul/ JombangTIMES)

JATIMTIMES - Sampel makanan yang dikonsumsi satu keluarga di Dusun Grudo, Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Jombang tuntas diteliti pihak Dinas Kesehatan setempat. Bakteri yang terkandung dalam ayam goreng menjadi pemicu sekeluarga ini keracunan hingga tewaskan 2 orang.

Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jombang Puguh Saneko mengatakan, pihaknya meneliti sampel makanan yang meracuni pasangan suami istri Slamet M Yusuf (33) dan Sujik Mustiari (33) serta dua anaknya Mareta Putri Regina (13) dan Savara Malikha Bilqis (6). Juga ayah Slamet, Asmiadi (79). Hasil uji lab yang ia lakukan sudah keluar sejak Senin (18/04/2022) kemarin.

Baca Juga : Hanya dengan Konsumsi Buah Ini, Sakit Prostat dan Buang Air Kecil Auto Sembuh Kata dr. Zaidul Akbar

Hasilnya yakni, sampel tulang ayam, mengandung bakteri Enterococcus faecalis dan Salmonella parathyphi A. Sedangkan sampel mie goreng, mengandung bakteri Staphylococus intermedius dan Proteus mirabilis.

Dan pada sampel telur dadar ditemukan bakteri Staphylococcus aureus serta Proteus mirabilis dan sampel saus papeda ditemukan bakteri Enterococcus faecalis.

"Seluruh bakteri itu, adalah bakteri yang menyerang pencernaan, namun yang paling dominan bakteri pada ayam itu. Ini dugaan kami yang mengakibatkan para korban mengalami diare," ujarnya saat diwawancarai wartawan di kantornya, Kamis (21/04/2022).

Tidak hanya pada makanan saja yang diuji laboratorium, kandungan air sumur di rumah korban juga turut diteliti. Dari hasil uji lab, air sumur positif mengandung bakteri E Coli. Bakteri ini yang juga turut meracuni para korban.

"Artinya selain pada pengolahan pangan, kami melihat ada permasalahan pada higienitas sanitasi di rumah itu," kata Puguh.

Peristiwa keracunan yang dialami satu keluarga di Dusun Grudo, Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Jombang ini terungkap pada Selasa (12/04/2022). Nahas, dari 5 anggota keluarga ini, dua di antaranya tewas. Yaitu Savara Malikha Bilqis (6) dan kakeknya, Asmiadi (79).

Baca Juga : Kecelakaan Karambol di Jombang, 1 Pengendara Tewas dan 2 Terluka

Sedangkan 3 orang yaitu pasangan suami istri Slamet M Yusuf (33) dan Sujik Mustiari (33) serta anak sulungnya Mareta Putri Regina (13) berhasil selamat. Kasus tersebut sempat ditangani oleh pihak Puskesmas Sumobito dan pihak kepolisian setempat.

Menurut Kepala Puskesmas Sumobito, dr Hexawan, meninggalnya Asmiadi dan cucunya karena mengalami dehidrasi berat. Keduanya kekurangan cairan tubuh gara-gara mengalami muntah dan diare.

Nyawa kedua korban tersebut, lanjut Hexawan, bisa diselamatkan seandainya segera mendapatkan pertolongan. "Jadi, seandainya dia mual muntah, besoknya cairan masuk, insyaallah tertolong. Tubuh itu kalau kekurangan cairan mengakibatkan gangguan metabolisme, bisa penyebab kematiannya kekurangan cairan itu," terangnya.(*)


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni