30/11/2022 DPRD Setujui Anggaran 100 M untuk Perbaikan Jalan Rusak di Tulungagung, Minta Segera Dilaksanakan | Jatim TIMES

DPRD Setujui Anggaran 100 M untuk Perbaikan Jalan Rusak di Tulungagung, Minta Segera Dilaksanakan

Apr 20, 2022 16:09
Salah satu jalan yang rusak di Desa Besole (Foto: Agus/ TulungagungTIMES)
Salah satu jalan yang rusak di Desa Besole (Foto: Agus/ TulungagungTIMES)

Pewarta: Anang Basso | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Ketua Komisi D, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tulungagung meminta agar serapan anggaran perbaikan jalan, khususnya jalur menuju wisata untuk segera direalisasikan. Pasalnya, pemerintah telah mengajukan persetujuan ke DPRD untuk menyetujui anggaran Rp 100 miliar untuk perbaikan fasilitas jalan ini.

"Tulungagung sebagai lokasi tujuan wisata, apalagi jika tol sudah jadi nantinya," kata Ketua Komisi D, H. Abdullah Ali Munib, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga : Jerat Mafia Minyak Goreng, Kejagung Pakai Pasal Hukuman Mati

Menurutnya, tol yang akan terhubung dengan Kediri dan kota lain akan membuka peluang sangat luas bagi perkembangan wisata di kota marmer mendatang.

"Kita memiliki potensi wisata yang baik, salah satu tujuan penting jika orang dari Surabaya atau kota lainnya tentu harus dimanfaatkan. Untuk itu butuh persiapan berupa peningkatan infrastruktur jalan menuju lokasi wisata itu," ujarnya.

Menurut politisi PKB ini, jika tol sudah terealisasi, wisata merupakan potensi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Tulungagung.

"Untuk itu perlu sarana yang memadai untuk menuju ke lokasi pasca keluar dari tol, jangan sampai masih ada jalan rusak seperti yang terjadi saat ini," ungkapnya.

Lanjutnya, legislatif dalam hal pengawasan sering mengingatkan agar pemerintah kabupaten lebih respon terhadap kebutuhan sarana dan prasarana masyarakat ini. Namun, selain lamban, beberapa tahun ini refocusing menjadi alasan yang akibatnya jalan rusak menjadi merata.

"Bupati telah turun ke titik-titik kerusakan jalan, kita mendorong agar dinas PUPR segera bergerak cepat memperbaiki jalan yang rusak itu," imbuhnya.

Baca Juga : Pemkot Malang Raih Penghargaan sebagai Kota Terbaik I PPD Tahun 2022 di Jawa Timur

Terkait pernyataannya yang dianggap lebih mendukung pembangunan Mall dan hotel untuk menyambut kedatangan jalan tol yang rencananya terealisasi tahun 2024, Munib meluruskan jika yang disampaikan tidak ada kaitan dengan anggaran Rp 100 miliar.

"Itu tidak sama, anggaran perbaikan jalan 100 miliar itu tidak bisa digunakan atau dikaitkan dengan rencana adanya mall dan hotel," jelasnya.

Menurutnya, anggaran pembangunan mall dan hotel yang ia maksud bisa dari investasi pihak ketiga, tanpa mengganggu anggaran Rp 100 miliar yang telah disetujui.

Judul berita DPRD Setujui Anggaran 100 M untuk Perbaikan Jalan Rusak di Tulungagung, Minta Segera Dilaksanakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pemkab tulungagung Dinas PUPR Tulungagung

Berita Lainnya