10/12/2022 Kulit Wajah Terasa Kering hingga Bersisik, Kenali Penyebabnya | Jatim TIMES

Kulit Wajah Terasa Kering hingga Bersisik, Kenali Penyebabnya

Apr 01, 2022 08:16
Sumber gambar : grid.id
Sumber gambar : grid.id

Pewarta: Nila Maulida | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Kulit bersisik terjadi ketika lapisan kulit paling luar terkelupas. Meski kulit kering merupakan penyebab yang paling umum, kulit bersisik juga bisa diakibatkan oleh dermatitis kontak atau psoriasis. Kulit bersisik ditandai dengan kulit yang tampak kering dan pecah-pecah.

Kondisi kulit wajah bersisik bisa disebut dengan pergantian sel kulit mati ke sel kulit yang baru, atau yang memiliki julukan lain sebagai regenerasi kulit. Akibatnya, sel-sel pada lapisan kulit teratas bisa mengering, rusak, dan terlepas antara satu sama lain. Pada akhirnya, kulit tampak kering, bersisik, dan mengelupas.

Baca Juga : HUT ke-108 Kota Malang, DPRD: Kota Malang Sudah Harus Menjadi Kota Metropolitan Berbasis Budaya

Kondisi ini sering terjadi saat kulit sedang dalam proses penyembuhan penyakit, tapi banyak pula faktor lain yang dapat berperan. Namun, sebagian besar wanita selalu bertanya-tanya pasca perubahan tampilan pada kulit wajahnya. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab kulit bersisik. Berikut ulasannya.

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah 

Mencuci wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan setidaknya dua kali sehari untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Namun, jika mencuci kulit wajah terlalu berlebihan maka akibatnya permukaan kulit akhirnya tidak dapat menjaga kelembapannya sehingga menjadi kering, bersisik, atau bahkan mengelupas.

2. Penggunaan Produk Dengan Bahan Keras

Penggunaan produk kimia seperti skincare, masker, make up dan lain sebagainya sebaiknya tidak menggunakan produk dengan berbahan keras. Untuk menghindari kesalahan pemilihan produk tersebut, pilihlah produk untuk wajah anda dengan rancangan khusus bagi kulit sensitif.

3. Cuaca

Baca Juga : Hadiri Bimtek Kementerian Perindustrian, Moreno: Semoga IKM Masyarakat Indonesia Bisa Mendunia

Perubahan cuaca kerap kali merambah ke perubahan kulit wajah kita. Apalagi jika perubahan cuaca tersebut berubah secara tidak beraturan mulai dari panas ke dingin dan sebaliknya. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan kulit kekurangan kelembaban, sehingga bisa dengan mudah mengalami kulit kering hingga bersisik.

4. Penyakit Bawaan yang Berdampak ke Wajah

Penyakit yang sudah diderita sejak lama atau baru terindikasi ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan kulit. Berikut daftar kondisi gangguan kesehatan yang berpengaruh besar terhadap kulit kering dan bersisik.

Judul berita Kulit Wajah Terasa Kering hingga Bersisik, Kenali Penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kulit kering wajah bersisik

Berita Lainnya