04/12/2022 Sukseskan Program Sambang Kelurahan, Bapenda Kota Malang Segera Tambah 1 Unit Mobil Keliling | Jatim TIMES

Sukseskan Program Sambang Kelurahan, Bapenda Kota Malang Segera Tambah 1 Unit Mobil Keliling

Mar 24, 2022 17:31
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang Handi Priyanto saat ditemui awak media di Balaikota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang Handi Priyanto saat ditemui awak media di Balaikota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Sebagai upaya menyukseskan Program Sambang Kelurahan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang segera melakukan penambahan satu unit mobil layanan keliling untuk menambah aksesibilitas Bapenda Kota Malang ke masing-masing kelurahan. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bapenda Kota Malang Handi Priyanto. Handi menyebut, saat ini terkait rencana penambahan satu unit mobil keliling berjenis Toyota Hiace ini sudah masuk tahap lelang. 

Baca Juga : AMITRA Gelar Gebyar AMITRA Sambut Ramadan di Aceh

"Iya (rencana tahun 2022 ini), masih akan proses lelang. Jadi nanti bisa langsung keluar dua untuk keliling," ungkap Handi kepada JatimTIMES.com, Kamis (24/3/2022). 

Handi mengatakan, untuk proses lelang sendiri direncanakan akan dilakukan pada triwulan kedua berjalannya program kerja, yakni sekitar Bulan April 2022. 

Untuk harganya sendiri, Handi belum dapat menyebutkan secara rinci. Namun, untuk jenis mobil keliling yang akan dibeli dirinya menuturkan yakni mobil Toyota Hiace yang harganya sesuai dengan katalog dari dealer. Dilansir  dari auto2000.co.id, harga mobil Toyota Hiace Premio 2.8 keluaran tahun 2022 seharga Rp 591.520.000.

"Hiace itu nanti ditambah opsional kelengkapannya di dalam itu, perangkat nya, itu sekitar Rp 600 jutaan," tutur Handi. 

Sementara itu, untuk tahun 2022 ini pihaknya menargetkan Program Sambang Kelurahan dari Bapenda Kota Malang dapat menyasar 57 kelurahan secara bertahap. Di mana untuk beroperasinya mobil keliling dilakukan satu pekan sebanyak dua sampai tiga kali. 

Adanya mobil keliling Bapenda Kota Malang sambang kelurahan sendiri merupakan upaya yang dilakukan Bapenda Kota Malang untuk menghadirkan layanan lebih dekat ke masyarakat. Terlebih lagi, Bapenda Kota Malang saat ini juga telah membuka open payment Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). "Sehingga bisa bayar di Indomaret, Alfamart, terus tokopedia dan lain-lain," kata Handi. 

Namun, terdapat kalangan masyarakat tradisional yang cenderung masih menggunakan layanan pembayaran secara manual. Maka program sambang kelurahan ini terus digencarkan. 

Baca Juga : Joddy Belum Siap Beri Pembelaan, Sidang Kecelakaan Vanessa Angel Ditunda

"Itu sekitar Rp 40 sampai Rp 50 juta masuk per kelurahan. Dikaitkan dengan target PBB, tahun ini kan target Rp 90 miliar. Target triwulan satu Rp 9 miliar. Sekarang itu sudah dapat Rp 8,7 sekian miliar, itu kurang Rp 253 juta," jelas Handi. 

Lebih lanjut, pihaknya juga menyediakan layanan cleansing PBB, pembenahan data base masyarakat, kesalahan nama wajib pajak, pengurusan balik nama, dan lain-lain di mobil keliling Bapenda Kota Malang sambang kelurahan. "Itu untuk meminimalisir SPPT tidak sampai, jadi kita layani seperti itu di kelurahan," terang Handi. 

Sebagai informasi, dalam layanan mobil keliling Bapenda Kota Malang sambang kelurahan terdapat delapan jenis pajak yang terlayani. Yakni pajak hiburan, pajak resto, pajak air tanah, pajak hotel, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak reklame dan PBB. 

"Delapan jenis pajak (yang bisa dibayar di Bapenda sambang kelurahan), kecuali BPHTB. Karena BPHTB harus verlap dulu," pungkas Handi. 

Judul berita Sukseskan Program Sambang Kelurahan, Bapenda Kota Malang Segera Tambah 1 Unit Mobil Keliling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bapenda Kota Malang mobil keliling bapenda kota malang

Berita Lainnya