Pertengahan Tahun Siap Difungsikan, Pemkot Malang Tata Manajemen Pengelolaan MCC | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pertengahan Tahun Siap Difungsikan, Pemkot Malang Tata Manajemen Pengelolaan MCC

Feb 16, 2022 17:57
Tampak progress pembangunan gedung Malang Creative Center (MCC). (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).
Tampak progress pembangunan gedung Malang Creative Center (MCC). (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Proyek Malang Creative Center (MCC) tengah berprogres. Jika tak ada kendala, pertengahan tahun 2022 ini, tempat untuk mewadahi pelaku industri kreatif di Kota Malang tersebut bakal difungsikan.

Sembari menunggu progres pembangunan yang saat ini terus berjalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tengah melakukan tatanan untuk pengelolaan MCC. Hal tersebut dibahas dalam Rapat Pengelolaan MCC di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga : Tingkatkan Layanan, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Gelar Bimtek kepada 127 Petugas Puskesos

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, tatanan manajemen pengelolaan MCC nantinya akan terbagi menjadi beberapa bagian. Dimana, akan juga berkonsep untuk komersial, hingga fasilitasi co-working space.

"Ini penataan untuk sistem manajemen MCC," ujarnya.

Nantinya, beberapa tata kelola manajemen tersebut akan masuk dalam unit pelaksana teknis (UPT) khusus. Di mana, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang yang bakal menaunginya. 

"Nanti itu akan ada beberapa bagian terpisah tapi satu kesatuan, kolaborasi. Seperti, komersial yang dikelola BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Perumda Tunas (Tugu Aneka Usaha) itu bagian mana. Diskopindag juga masuk manajemennya, public service," terangnya.

Meski begitu, mekanismenya seperti apa masih belum dijabarkan secara mendalam. Sutiaji menyebut, hadirnya gedung 8 lantai tersebut nantinya guna memberikan fasilitasi yang optimal bagi pelaku industri kreatif di Kota Malang.

Baca Juga : Evaluasi Pelaporan Dana BOS, Ning Ita Sampaikan Pentingnya Tingkatkan Pendidikan

"Kalau MCC selesai, ini menjadi wadah dan tempat masyarakat terutama di bidang industri ekonomi kreatif seperti startup dan pelaku ekraf untuk tempat berkembangnya aplikasi dan adanya ide - ide baru. Tentu, nanti 17 subsektor yang ada masuk semua ke dalam MCC," tandasnya.

Untuk diketahui, pembangunan MCC ditargetkan tuntas pada Juli 2022 mendatang. Proyek ini dikerjakan secara multiyears. Di tahap pertama tahun 2021 dianggarkan sebesar Rp 25 miliar. Sedangkan di tahun 2022 ini dianggarkan sebesar Rp 73 miliar.

Gedung yang dibangun di lahan eks gedung PDAM lama di kawasan Jl Achmad Yani tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai pusat kegiatan industri ekonomi kreatif. Yang mana, bakal memfasilitasi sekitar 100 bahkan lebih pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mcc kota malang Malang Creative Center

Berita Lainnya