Ludes Terbakar, Pemkab Banyuwangi Segera Relokasi Pedagang Pasar Galekan | Jatim TIMES

Ludes Terbakar, Pemkab Banyuwangi Segera Relokasi Pedagang Pasar Galekan

Jan 15, 2022 19:20
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi AKP Sudarso saat mengunjungi pasar Galekan Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi yang terbakar (Foto: Kapolsek Wongsorejo for Jatim Times)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi AKP Sudarso saat mengunjungi pasar Galekan Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi yang terbakar (Foto: Kapolsek Wongsorejo for Jatim Times)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan melakukan relokasi sementara pedagang Pasar Galekan Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Pasalnya, pasar tersebut baru saja mengalami insiden kebakaran pada Sabtu (15/01/2022) dinihari.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengungkapkan itu setelah melakukan cek lokasi pasar yang terbakar, dan melakukan diskusi dengan Kepala Desa Bajulmati beserta Camat Wongsorejo.

Baca Juga : Telan Anggaran Rp 6 Miliar, Dewi Sri Pujon Akan Disulap Jadi Pasar Wisata

"Kami segera lakukan relokasi agar para pedagang tetap bisa berjualan. Tadi saya sudah cek lokasi.  Pertama, bisa manfaatkan sisi utara pasar dan kedua  bisa manfaatkan lahan milik Perhutani. Nanti akan dilakukan penataan," jelas Ipuk.

Selanjutnya dia menuturkan terkait renovasi pasar, pemerintah akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Karena Pasar Desa Bajulmati merupakan  aset desa, sehingga perlu pembahasan lebih lanjut.

Pasar Galekan Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, terbakar, Sabtu (15/1/2022) dini hari mengakibatkan sekitar 150 kios dan lapak pedagang mengalami kerusakan.

Sementara Camat Wongsorejo, Ahmad Nuril Falah mengatakan, kebakaran Pasar Galekan terjadi sekitar pukul 02.00 WIB pada Sabtu (15/01/2022). Adapun yang terbakar rata-rata lapak/kios bahan kebutuhan sandang, seperti pakaian, sepatu, sandal dan lain-lain.

Baca Juga : 150 Toko dan Lapak di Pasar Galekan Terbakar, Kerugian Capai Rp 2 Miliar

"Ada juga yang jual peralatan sekolah dan sembako. Kebakaran diduga korsleting listrik di salah satu lapak pedagang. Akhirnya menyebar ke lapak lain dan tidak ada korban jiwa," jelas Nuril.

Dalam kunjungan ke Pasar Galekan tersebut, Bupati Banyuwangi didampingi antara lain Drs Dwiyanto (Asisten II), Wawan Yadmadi, Kepala Satpol PP, Danang Hartanto, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman, Henik Setyorini, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB dan RR Nanin Oktavianti, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi.

Topik
Insiden kebakaran pasar galekan pasar galekan terbakar Kabupaten Banyuwangi Bupati Banyuwangi Berita Banyuwangi Berita Jatim

Berita Lainnya