08/12/2022 Sering Dianggap Tanaman Pengganggu, Tumbuhan Liar Ini Ternyata Bisa Obati Batu Ginjal | Jatim TIMES

Sering Dianggap Tanaman Pengganggu, Tumbuhan Liar Ini Ternyata Bisa Obati Batu Ginjal

Dec 22, 2021 10:40
Daun meniran (Foto: herbies-herbs.com)
Daun meniran (Foto: herbies-herbs.com)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Batu ginjal termasuk salah satu penyakit kronis yang sangat membahayakan. Tak banyak orang yang mengetahui, penyakit batu ginjal ternyata bisa diobati menggunakan tanaman liar.

dr. Zaidul Akbar kali ini mengungkap tanaman liar yang bisa mengobati penyakit batu ginjal. Pada umumnya, kebanyakan orang mengobati batu ginjal dengan mengkonsumsi obat-obatan. 

Baca Juga : Alun-alun Kota Batu Tutup, Tempat Wisata Buka saat Nataru

Namun siapa sangka, daun meniran yang sering disebut sebagai tanaman pengganggu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu khasiatnya adalah bisa mengobati penyakit batu ginjal.

"Kalau ketemu tanaman ini jangan dicabut ya bu ibu," tulis dr. Zaidul Akbar seperti dikutip melalui akun Instagram @dr.zaidulakbar.resep Rabu (22/12/2021). 

Menurut dr Zaidul, daun meniran merupakan daun yang mudah ditemukan di sekitar rumah dan memiliki beragam khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

"Daun meniran atau dalam nama latin disebut Phyllanthus urinaria adalah sejenis tumbuhan liar yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita," ucap dr. Zaidul Akbar.

Ia juga mengungkapkan bahwa ternyata daun meniran sejak dulu sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional.

"Secara tradisional, daun meniran seringkali dimanfaatkan oleh nenek moyang kita terdahulu sebagai obat-obatan," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Lagi, Berkas Kasus Dugaan Kekerasan JEP Pemilik SPI Kota Batu Belum Lengkap

dr Zaidul Akbar juga membeberkan penelitian ilmiah soal daun meniran yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.

"Lalu di era modern, berbagai penelitian ilmiah berhasil membuktikan bahwa ekstrak daun meniran efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti batu ginjal,” tutur dr. Zaidul Akbar.

Lantas bagaimana cara mengolahnya? 

"Untuk penggunaan obat minum, Anda dapat merebus daun meniran segar atau kering sesuai dengan jumlah yang disarankan dan meminum air rebusannya, bisa pula dengan cara meminum air perasan daun meniran yang sudah dihaluskan," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Judul berita Sering Dianggap Tanaman Pengganggu, Tumbuhan Liar Ini Ternyata Bisa Obati Batu Ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
manfaat meniran dr zaidul akbar

Berita Lainnya