Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Bagaimana Cara Menghilangkan Notifikasi Baterai Terlalu Panas? Berikut Ini Tips yang Bisa Anda Coba!

Penulis : - Editor : Redaksi

20 - Dec - 2021, 15:57

Ilustrasi hape terbakar karena panas (Souce: Ist.)
Ilustrasi hape terbakar karena panas (Souce: Ist.)

JATIMTIMES - Permasalahan baterai yang terlalu panas bisa terjadi pada berbagai jenis produk Hp. Hal ini biasanya ditandai dengan sebuah notifikasi sebagai peringatan. Cara menghilangkan notifikasi baterai terlalu panas bisa dilakukan melalui beberapa alternatif. Ini penjelasannya dikutip laman blog.oscas.co.id!

 

Mengapa Baterai Bisa Panas?

Untuk beberapa kondisi, baterai bisa bersuhu panas. Kondisi ini bisa diketahui dengan adanya notifikasi yang memperingatkan penggunanya bahwa suhu baterai tidak dalam batas normal. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor. Secara umum, penyebabnya antara lain sebagai berikut:

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun 2021, Instagram Umumkan 3 Fitur Baru

1. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai
Pertama, bisa disebabkan charger yang kurang tepat. Tidak sedikit di antara pengguna yang menggunakan charger secara bebas. Bahkan menggunakan charger yang bukan spesifikasinya. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka bisa membuat baterai panas.
Maka dari itu, penting untuk menggunakan charger yang khusus bawaan pabrik. Karena, jenis charger tersebut sudah disesuaikan spesifikasinya secara tepat. Dengan demikian, baterai Hp pun akan lebih awet. 

2. Terjadi Kerusakan pada Baterai
Penyebab lainnya yaitu adanya kerusakan pada baterai yang digunakan. Hal ini bisa saja terjadi, karena pada dasarnya baterai memiliki batas waktu pemakaiannya. Ketika baterai Anda rusak, maka bisa berpengaruh pada suhu baterai. 

3. Kerusakan pada Charger
Selain itu, bisa dikarenakan adanya kerusakan pada charger yang digunakan. Baterai Hp bisa menjadi panas ketika konektor untuk charger tidak bisa berjalan semestinya. Daya yang harus disalurkan secara lancar pun akan mengalami gangguan. 

4. Penggunaan yang Terlalu Lama
Tidak bisa dipungkiri, bermain Hp memang cukup menyita perhatian banyak orang. Jika tidak bisa membatasi diri, maka bisa mengalami kecanduan. Penggunaan yang terlalu lama akan membahayakan kesehatan juga merusak perangkat Anda. Maka dari itu, gunakan sebijak mungkin. 

 

Cara Menghilangkan Notifikasi Baterai Terlalu Panas

Lalu, bagaimana cara menghilangkan notifikasi baterai terlalu panas? Ketika Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka cara mengatasinya pun akan lebih mudah. Berikut ini alternatif yang bisa Anda lakukan!

1. Me-reset Hp
Cara menghilangkan notifikasi baterai terlalu panas bisa dengan me-reset Hp. Proses ini dilakukan guna memperbarui sistem yang rusak. Pasalnya, sistem yang mengalami kerusakan bisa membuat baterai menjadi panas. Dengan demikian, sistem pun akan ter-update.

2. Mengganti Charger
Selanjutnya, jika memang baterai yang panas disebabkan charger, ada baiknya untuk mengganti charger. Pastikan memilih charger secara tepat yakni sesuai dengan spesifikasi baterai Hp Anda. Dengan demikian, charger dan Hp-nya akan lebih lama digunakan. 

Baca Juga : Dipastikan Aman, Pemkot Malang Sedia 70 Ribu Stok Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun

3. Menggunakan Charger Desktop
Ketika muncul notifikasi baterai panas, maka cara menghilangkan notifikasi baterai terlalu panas bisa dengan menggunakan charger desktop. Pengisian yang terjeda pun akan kembali dilanjutkan. Namun, penerapan cara ini hanya direkomendasikan untuk jenis baterai removable

4. Mengganti Baterai
Lain halnya jika terdapat kerusakan pada baterai, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Baterai yang rusak salah satunya ditandai dengan suhu baterai yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya ketidakstabilan tegangan pada baterai.Untuk penggunaan baterai yang lebih awet, bisa menyesuaikan dengan spesifikasi Hp Anda. Hindari memilih baterai yang asal-asalan dan jangan tergiur dengan harga yang rendah. 

5.Service Hp
Anda juga bisa melakukan service Hp yang akan dilayani oleh para ahli di bidangnya. Hal ini menjadi alternatif terakhir ketika Anda tidak bisa menemukan penyebabnya. Pada dasarnya setiap Hp didukung dengan komponen yang bisa melakukan deteksi pada suhu baterai. 

Komponen tersebut dikenal dengan istilah termistor. Untuk menemukan komponen tersebut harus dilakukan pembongkaran. Hal ini harus dilakukan oleh ahli yang sudah profesional. Keamanan komponen lain pada smartphone pun akan tetap terjaga.

Demikianlah ulasan terkait cara menghilangkan notifikasi baterai terlalu panas. Informasi di atas menjadi salah satu solusi untuk mengatasi baterai panas. Pastikan untuk menerapkannya sebaik mungkin. Jika kebingungan, Anda bisa meminta bantuan seseorang yang lebih ahli.


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi