07/02/2023 Tujuh Puluh Lima Penari Gandrung Tampil di Pendapa Sabha Sawagatha Blambangan Banyuwangi | Jatim TIMES

Tujuh Puluh Lima Penari Gandrung Tampil di Pendapa Sabha Sawagatha Blambangan Banyuwangi

Dec 18, 2021 21:15
Tujuh Puluh Lima Penari Gandrung dari berbagai sanggar tari saat berlatih di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)
Tujuh Puluh Lima Penari Gandrung dari berbagai sanggar tari saat berlatih di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES- Tujuh puluh lima penari Gandrung dari berbagai sanggar tari di wilayah Banyuwangi dijadwalkan tampil di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi pada Minggu (19/12/2021).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Ainur Rofiq, para penari tersebut akan tampil bersama dengan ratusan penari Gandrung lain yang berasal dari 14 kabupaten/kota se Indonesia bahkan ada yang tampil di negara Hongkong.

Baca Juga : Wagub Jatim Dorong KAHMI dan Forhati Kabupaten Blitar Berperan Aktif Membangun Daerah

“Sebenarnya para penari Gandrung yang menampilkan tari Gandrung Kembang Menur  secara Hybrid untuk pengambilan gambar. Tim IT dari Disbudpar Banyuwangi nanti akan melakukan editing dan hasilnya akan ditampilkan pada Selasa (28/12/2021) mendatang,” jelas Rofiq.

Alumni Fisip Universitas Jember itu menuturkan penampilan 75 penari Gandrung di pendapa akan diiringi oleh 25 panjak atau penabuh gamelan dan pemain alat musik tradisional khas Banyuwangi.

Sedangkan 14 kabupaten/kota yang menyatakan siap untuk menampilkan penari Gandrungnya merupakan daerah yang memiliki organisasi Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi), antara lain; Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Kemudian ada provinsi Bali, kota Tarakan Kalimantan Utara dan Provinsi Papua. Selanjutnya yang dari luar negeri adalah Negara Hongkong.

Menurut Rofiq program yang dilaksanakan selain sebagai upaya untuk menjaga memelihara dan melestarikan tari Gandrung sebagai salah satu ikon Banyuwangi, juga untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat dunia eksistensi kota yang dikenal sebagai serpihan tanah surga di ujung timur Jawa, khususnya dalam bidang pariwisata.

Baca Juga : Gelaran Banyuwangi Culinary Festival Sukses dan Meriah

Selanjutnya dia mengharapkan dukungan dan doa semua pihak agar tampilan tari Gandrung sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 250 dapat berjalan dengan aman lancar dan sukses.

Judul berita Tujuh Puluh Lima Penari Gandrung Tampil di Pendapa Sabha Sawagatha Blambangan Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Tari Gandrung budaya Banyuwangi

Berita Lainnya