Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Ribuan Pasukan Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak Sumenep

Penulis : Syaiful Ramadhani - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Nov - 2021, 11:43

Placeholder
Kapolres Sumenep bersama Dandim Sumenep saat mengecek pasukan pengamanan Pilkades Serentak 2021 di lapangan Mapolres setempat (Foto: Ist/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kepolisian Resor (Polres) Sumenep menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di wilayah setempat. Rinciannya, Polri 2.361 orang, TNI 352 orang dan Linmas sebanyak 1.322 orang.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep, pada Senin (22/11/2021). Hadir pada kesempatan itu Forpimda dan Pejabat Utama Polres Sumenep.

Baca Juga : Penambang di Sumenep Tewas Tertimpa Batu Longsor

Pilkades serentak di Kota Keris akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2021 mendatang. Sebanyak 84 desa, 661 TPS di 27 kecamatan baik kepulauan maupun daratan akan menggelar secara serentak.

Kapolres Sumenep, AKBP Rahman Wijaya menyampaikan kepada seluruh personelnya yang bertugas untuk segera mengenali lingkungan, perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan panitia pilkades serta tempat lokasi tempat pemungutan suara berada. 

"Laksanakan pengamanan dan kawal kotak surat suara bersama-sama aparat lainnya termasuk panitia pilkades dari tempat penyimpanan atau desa menuju dusun tempat lokasi TPS berada dan sekembalinya, serta pastikan kotak surat suara tersebut dalam kondisi aman.

Ia juga mengingatkan, agar segera mengambil tindakan cepat jika suatu waktu atau pada hari pemungutan suara terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Perlu diingat jika terjadi kejadian yang menonjol segera laporkan kepada Kapolsek untuk diteruskan kepada Kabagops dan Kapolres serta pimpinan satuan atas," sarannya.

Tak lupa, Rahman juga meminta agar calon kepala desa (cakades) maupun tim yang ikut terlibat kontes politik lima tahunan tingkat desa itu agar bersaing secara sehat dan menjunjung tinggi azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan tidak akan terjadi kecurangan.

"Para calon Kades dan tim sukses agar mampu mengendalikan para pendukungnya untuk menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman," ujarnya.

Tahun ini, pelaksanaan pilkades serentak di Sumenep digelar di masa pandemi covid-19, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna menghindari penyebaran virus corona.

"Laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan dengan tertib, aman dan terkendali namun juga akan bernilai ibadah di hadapan Allah SWT," harapnya.

Baca Juga : Okupansi Mulai Normal, Mal di Kota Malang Was-Was Hadapi PPKM Level 3 saat Libur Nataru

Pengamanan Pilkades Sumenep terbagi dalam dua wilayah yaitu daratan dan kepulauan. Untuk wilayah kepulauan pengamanan menyesuaikan jadwal kapal laut.

Berikut jadwal pergeseran pengamanan Pilkades Serentak 2021.

- Kepulauan Masalembu berangkat Hari Sabtu (20/11/2021) pukul 08.00 WIB menggunakan KM. Sabuk Nusantara 92. 

- Kepulauan Raas berangkat hari Minggu (21/11/2021) pukul 08.00 WIB menggunakan KM. Dharma Kartika. 

- Kepulauan Sapudi dan Nunggunong berangkat hari Senin (22/11/2021) pukul 08.00 WIB menggunakan KM. Satya Kencana. 

- Kepulauan Kangean, Kangayan dan Sapeken berangkat hari Senin (22/11/2021) pukul 09.00 WIB menggunakan KM. Express Bahari 9C.

- Untuk wilayah daratan, pasukan sudah mulai berangkat ke desa-desa yang akan menggelar pilkades serentak mulai hari ini, Senin (22/11/2021) pukul 09.00 WIB.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaiful Ramadhani

Editor

Sri Kurnia Mahiruni