03/02/2023 Wabup Lumajang Akan Sidak Fasum dan Fasos Pembangunan Perumahan | Jatim TIMES

Wabup Lumajang Akan Sidak Fasum dan Fasos Pembangunan Perumahan

Nov 03, 2021 07:36
Wabup Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wabup Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pewarta: Moch. R. Abdul Fatah | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati akan melakukan sidak ke sejumlah lokasi pembangunan perumahan di Lumajang untuk memastikan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang menjadi kewajiban pengembang sudah dibangun sesuai dengan ketentuan. 

Selain perumahan non subsidi, Wabup juga akan melihat langsung fasum dan fasos di sejumlah kawasan perumahan bersubsidi yang ada di Lumajang.

Baca Juga : Presiden Arema FC Resmi Sponsori Arema Indonesia di Liga 3

"Ini kewajiban pengembang untuk menyediakan lahan sekitar 30 persen untuk fasum dan fasos. Hak dari warga pembeli perumahan harus dipastikan didapat, agar warga tidak dirugikan," kata Wabup Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati kepada Jatimtimes.

Wabup khawatir, persoalan fasum untuk kawasan perumahan tidak tersedia dengan baik, karena akan berdampak kurang baik kepada warga penghuni sebuah perumahan.

"Sekarang sudah memasuki musim penghujan. Jika drainasenya tidak dibangun dengan baik, maka memungkinkan terjadi genangan air, jika hujan berintensitas tinggi. Makanya saya akan cek semuanya," kata Wabup Lumajang, Budan Indah.

Wabup kemudian menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pedoman Keserasian Kawasan Perumahan dan Permukiman, setiap pengembang wajib menyediakan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).

"Pengembang wajib membangun jalan penghubung, drainase, ruang terbuka hjau, tempat bermain dan tempat ibadah. Nanti semua akan kita cek semua. Yang juga sangat penting adalah saluran drainase, seperti apa drainase itu dibangun dan kemana air diarahkan keluar. Ini penting, karena menyangkut kenyamanan warga," urai Wabup Lumajang kemudian.

Baca Juga : Pipa Perumda Tirta Kanjuruhan Bocor Lagi, LIRA: Perbaikan Hanya Penggugur Kewajiban

Terlebih, masih kata Bunda Indah, untuk rumah subsidi sudah dibantu dengan bantuan pemerintah, maka pengembang tidak boleh main-main dengan fasum dan fasos yang memang menjadi kewajibannya.

"Saya akan ajak Dinas Perumahan Lumajang untuk memastikan kawasan perumahan yang menjamur di Lumajang sudah sesuai dengan ketentuan," tegas Wabup Lumajang. 

Judul berita Wabup Lumajang Akan Sidak Fasum dan Fasos Pembangunan Perumahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati

Berita Lainnya