Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kasus Sengketa Lahan, Rocky Gerung Akui Tak Berdamai, Sentul City yang Tarik Somasi

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

29 - Oct - 2021, 09:57

Placeholder
Rocky Gerung (Foto: Pikiran Rakyat)

JATIMTIMES - Kasus sengketa lahan antara Rocky Gerung dan Sentul City rupanya masih menjadi sorotan. Terakhir dikabarkan bahwa Rocky dan pihak Sentul City memilih berdamai terkait kepemiliki tanah yang berlokasi Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Namun, belum lama ini Rocky mengatakan dirinya tidak berdamai dengan Sentul City terkait sengketa lahan tersebut. Rocky menyebut PT Sentul City lah yang menarik somasi.

Baca Juga : Lagi-Lagi di Medan, Pedagang Korban Pemukulan Malah Jadi Tersangka

"Nggak jadi digusur karena saya ngotot bahwa kalau saya digusur, boleh, tapi jangan kampung di bawah saya. Akibatnya Sentul di pers, katanya berdamai. Padahal saya nggak berdamai. Sentul yang menarik somasi itu," kata Rocky Gerung. 

Rocky pun mengatakan bahwa hal ini mesti diluruskan. Rocky mengatakan dirinya dan warga sekitar tetap tinggal di rumah. 

Rocky menyebut saat ini dirinya bersama tetangganya sudah hidup damai.

"Jadi saya tetap bersama dengan 160 KK di situ, tetap hidup damai di situ. Dan Sentul mundur dari somasinya," kata Rocky.

Rocky pun mengaku tak akan diam dan mengatakan dirinya tidak berdamai dengan Sentul City.

"Saya udah kasih contoh, nggak bisa kalau kita pakai opini publik yang kuat. Korporasi itu bisa mengendur. Jadi saya nggak berdamai dia yang mundur dari somasi," jelas Rocky. 

Kata Rocky itu semacam karena banyak isu di luar bahwa seolah dirinya yang berdamai. 

"Kalau saya berdamai maka saya digusur. Ternyata nggak," cetus Rocky.

Masalah lahan ini berawal dari somasi PT Sentul City terhadap Rocky. Pihak Rocky kala itu diminta untuk mengosongkan lahan dan membongkar rumahnya di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Terombang-Ambing Nasibnya di Atas Kapal AS, 6 ABK WNI asal Malang Raya Tak Digaji

Ada 2 surat somasi yang dikirimkan Sentul City ke Rocky Gerung. Isinya yakni meminta Rocky segera mengosongkan tanah dan membongkar rumahnya.

Rocky pun melawan. Perlawanan itu dilakukan lantaran ada 6.000 orang yang ia klaim bernasib sama dengannya. Rocky bahkan mengadukan permasalahan ini ke Komnas HAM.

Sengketa lahan itu pun sempat dikabarkan berakhir damai. Kabar damai itu dikonfirmasi oleh pengacara Rocky Gerung, Haris Azhar.

"Benar (damai), Rocky minta Sentul hormati hak warga atas tanah dan lingkungan hidup," kata Haris Azhar.

Haris mengatakan saat ini tengah berproses kesepakatan damai antara pihak Rocky dan Sentul City. Ia mengatakan gugatan yang sebelumnya sempat diwacanakan dilayangkan kedua pihak belum diproses di pengadilan.

Sentul City menawarkan konsep green living ke warga sekitar. Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk Basaria Panjaitan mengatakan konsep green living ini akan menciptakan keseimbangan lingkungan antara wilayah yang di-develop Sentul City dengan masyarakat yang menjadi tetangga Sentul City.

"Saya yakin apa yang ingin kami kembangkan ini sejalan dengan pemikiran para stakeholder yang banyak memberikan input kepada kami, termasuk Bapak Rocky Gerung, yang memiliki pemikiran futuristik terkait bagaimana membangun keseimbangan lingkungan. Konsep kampung hijau yang ramah lingkungan yang digagas Bapak Rocky Gerung sejalan dengan pemikiran kami," ujar Basaria dalam siaran pers.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya