05/02/2023 Setelah Subsidi PBB dan Pertanian, Pemdes Kendalbulur Launching Program Sadewa Bidang Kesehatan dan Pendidikan | Jatim TIMES

Setelah Subsidi PBB dan Pertanian, Pemdes Kendalbulur Launching Program Sadewa Bidang Kesehatan dan Pendidikan

Oct 27, 2021 19:11
Kades Kendalbulur Anang Mustofa menyerahkan beasiswa dan tabungan ibu hamil secara simbolis. (Foto: Anang for TulungagungTIMES)
Kades Kendalbulur Anang Mustofa menyerahkan beasiswa dan tabungan ibu hamil secara simbolis. (Foto: Anang for TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Moch. R. Abdul Fatah

JATIMTIMES - Pemerintah Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu kembali melaunching program SADEWA (Santunan dari Desa untuk Warga), kali ini program kerakyatan yang dikeluarkan untuk bidang kesehatan dan pendidikan. 

Telah diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu, program Sadewa bidang Pertanian dan Subsidi gratis PBB untuk warga Desa Kendalbulur telah selesai dan sukses dilaksanakan.

Baca Juga : Fraksi PDIP Lumajang Soroti Masalah Pupuk dan Kekurangan Guru

 

"Program Sadewa kali ini untuk bidang pendidikan berupa tabungan ibu hamil 700 ribu dan bidang pendidikan berupa tabungan beasiswa sebesar 500 ribu," kata Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa. Rabu (27/10/2021).

Menurut Anang, Program Sadewa bidang pendidikan diberikan kepada 10 santri terbaik di TPQ Irsyadut Tholibin. Program Sadewa sudah masuk dalam perencanaan APBDes 2021 yang didalamnya mencangkup 4 bidang subsidi masyarakat, diantaranya subsidi benih padi sebanyak 619 paket, Subsidi pembayaran PBB rumah warga, subsidi kesehatan dan subsidi pendidikan.

"Subsidi bidang kesehatan sebagai upaya pencegahan stunting yang diberikan kepada Ibu hamil dari keluarga kurang mampu yang belum menerima program PKH," katanya.

Selain itu, program subsidi kesehatan diharapkan bisa membantu peningkatan gizi bagi ibu hamil beserta bayi yang ada dalam kandungan sehingga kesehatan ibu dan bayi bisa terjaga.

Untuk subsidi pendidikan, kata Anang, diawali dengan memberikan santri terbaik yang nantinya akan dikembangkan dengan pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi lainnya baik prestasi Akademik maupun prestasi non akademik. 

Baca Juga : BI Gelar ISEF ke-8 dan Silaturrahim Pesantren, Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang Ditunjuk Wakili Jatim

 

"Ini diharapkan bisa memberikan motivasi siswa agar bisa mempertahankan prestasinya," tutup Anang.

Untuk diketahui, launching program Sadewa bidang kesehatan dan pendidikan dilakukan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendapa Urip iku Urup Nangkula Park Desa setempat, Selasa (26/10/2021) malam.

Judul berita Setelah Subsidi PBB dan Pertanian, Pemdes Kendalbulur Launching Program Sadewa Bidang Kesehatan dan Pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Desa Kedalbulur program sadewa

Berita Lainnya