Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Mak Rini Dorong Pemuda Lebih Kreatif dan Miliki Daya Saing

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Pipit Anggraeni

18 - Oct - 2021, 16:23

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah membuka acara webinar dalam rangka peringatan sumpah pemuda.(Foto : Istimewa/Pemkab Blitar)

JATIMTIMES- Bupati Blitar Rini Syarifah mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengoptimalkan potensi pemuda. Hal tersebut disampaikan Mak Rini dalam Webinar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 secara virtual yang bertempat di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Senin (18/10/2021).

“Pemuda harus berdaya secara ekonomi. Salah satunya dengan terjun ke sektor kreatif yang saat ini ekosistemnya sangat mendukung dengan adanya kemajuan teknologi dan pasar yang terbuka,” kata Mak Rini.

Baca Juga : Kebaya Diusulkan Jadi Seragam Dinas Pegawai Negeri di Tulungagung, Ini Tujuannya

Mak Rini menambahkan, tantangan perkembangan zaman terus berkembang. Sehingga perlu ada sinergi dari pemerintah daerah, masyarakat dan swasta untuk mengoptimalkan potensi generasi muda.

"Pemuda merupakan aset masa depan bangsa, sehingga perlu ada kesadaran untuk mengelola potensi yang dimiliki oleh para pemuda. Artinya pemuda memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya pembangunan di berbagai sektor, baik sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain" imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu berharap, para pemuda dapat memerangi covid-19 pada masa pandemi yang berlangsung hampir 2 tahun ini. Hal ini, dimulai dari disiplin menerapkan protokol kesehatan diri sendiri, menjadi contoh bagi lingkungan sekitar hingga aktif mengedukasi masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pemuda harus menjadi influencer. Khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya.

Baca Juga : Targetkan 60% pada Akhir Oktober dan Level 1 Riil, Komisi C DPRD Tulungagung Dorong Percepatan Vaksinasi

Lebih dalam Mak Rini menyampaikan, di tengah perkembangan zaman yang serba canggih ini, generasi muda dituntut mampu bersaing dalam bentuk apapun. Termasuk dalam bidang ekonomi. Di mana pemuda harus lebih kreatif untuk memiliki daya saing.

“Sekarang ini sudah bukan zamannya lagi anak muda hanya fokus mencari pekerjaan. Saat ini adalah zamannya anak muda menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam hal ini, inisiatif dan kreativitas pemuda harus tumbuh,” tandasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Pipit Anggraeni