Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

3 Desa Kota Batu Ranking 10 Besar Indeks Desa Membangun Mandiri Nasional, Pertama Desa Oro-Oro Ombo

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

21 - Aug - 2021, 15:38

Placeholder
Grafik ranking 10 besar desa status Indeks Desa Membangun (IDM) mandiri. (Foto: screenshot instagram Dewanti Rumpoko)

BATUTIMES - Jika pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dua desa di Kota Batu masuk 300 besar, kali ini ada satu desa lagi menjadi peringkat pertama desa status Indeks Desa Membangun (IDM) Mandiri Nasional.

Dalam pemutakhiran data IDM tahun 2021, tercatat 3.269 desa di Indonesia dinyatakan sebagai desa mandiri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 697 desa atau 21,32 persen berada di Jatim.

Baca Juga : Ringankan Beban Warga, Perumdam Among Tirto Kota Batu Gratiskan dan Beri Diskon Pelanggan

Bahkan, desa maju di Jatim juga mendominasi secara nasional dengan total 3.283 desa. Terlihat ranking 10 besar desa status IDM itu diunggah oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Sabtu (21/8/2021).

Dalam unggahan tersebut ada tiga di Kota Batu yang masuk dalam ranking 10 besar. Salah satunya ranking pertama diraih oleh Desa Oro-oro, Kecamatan Batu, Kota Batu dengan skor 0,9981.

Kemudian ada Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu ranking tiga dengan skor 0,9886. Dan ranking sembilan ada Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dengan skor 0,9775.

Tentunya hal menjadi kabar yang menggembirakan bagi Dewanti, lantaran tiga desa tersebut bisa menggeser desa lainnya di Indonesia. Ditambah salah satunya bisa meraih ranking pertama.

Rasa syukur pun diucapkan istri Eddy Rumpoko dalam unggahannya. “Bismillah, alhamdulillah,” ucap Dewanti. Dari 10 ranking tersebut, 5 di antaranya merupakan desa di Jawa Timur. Dua yang lainnya diraih oleh Kabupaten Banyuwangi yakni ranking dua oleh Desa Gentengkulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi dengan skor 0,9924. Dan ranking lima oleh Desa Gentengwetan, Kecamatn Genteng, Banyuwangi 0,9867.

Baca Juga : Sambangi PPIQ Darul Hidayah, Sutiaji: Rumah Ibadah Bergerak Adalah Ikhtiar Cegah Covid-19

Bukan hanya Dewanti yang bangga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indari Parawansa juga demikian. Ditambah capaian desa mandiri tertinggi ada di Jawa Timur yakni ada 697 desa.

“Alhamdulillah, berdasarkan Indeks Desa Membangun Tahun 2021 yang dirilis Kemendes/PDTT saat ini di Jawa Timur sudah tidak ada lagi desa tertinggal apalagi desa sangat tertingga,” katanya.

“Yang harus kita syukuri saat ini ada 697 desa mandiri di Jawa Timur, yang merupakan jumlah terbanyak secara nasional,” ucap Khofifah.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya