Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Hasil Survei New Indonesia: AHY Unggul Jauh dari Airlangga dan Puan

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

09 - Aug - 2021, 10:04

Placeholder
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Merdeka)

INDONESIATIMES - Survei yang dilakukan oleh New Indonesia Research & Consulting menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Pasalnya, dari hasil survei tersebut disebutkan bahwa elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungguli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua DPR RI, Puan Maharani. 

"Di tengah perang baliho politisi, elektabilitas Puan Maharani dan Airlangga masih jauh tertinggal, justru AHY yang paling berkibar," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono melalui keterangan tertulis pada Minggu (8/8/2021). 

Baca Juga : Wali Kota Batu Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 5 Persen, lewat Sektor Ini

Untuk diketahui, survei New Indonesia Research & Consulting ini dilakukan pada tanggal 21 hingga 30 Juli 2021 dengan sambungan telepon kepada 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019, dengan "margin of error" sekitar 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei New Indonesia Research & Consulting tersebut menunjukkan ada peningkatan elektabilitas 3 politisi itu. Kendati demikian, kenaikan signifikan paling banyak dialami oleh putra pertama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tren kenaikan elektabilitas AHY ditunjukkan sejak survei dilakukan pada Mei 2021. Awalnya, elektabilitas AHY hanya sekitar 2 persen. Namun, angka itu naik menjadi 5 persen.

Pada survei kali ini, AHY ada pada posisi 5 dengan perolehan sebanyak 5,8%. Sementara Puan ada pada posisi 11 dengan perolehan 1,4% dan Airlangga ada di posisi 12 sebanyak 1,3%.

Sedangkan, posisi pertama pada survei ini ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 20,5%. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebanyak 16,7% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersaing ketat pada urutan kedua dan ketiga dengan angka sebesar 16,1%.

Baca Juga : HUT RI ke-76, Kader Banteng Tuban Bangun Posko Gotong Royong Penanganan Covid-19

Berikut hasil elektabilitas capres 2021 survei New Indonesia:
1. Ganjar Pranowo 20,5%
2. Prabowo Subianto 16,7%
3. Ridwan Kamil 16,1%
4. Anies Baswedan 6,0%
5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,8%
6. Sandiaga Uno 5,2%
7. Tri Rismaharini 4,7%
8. Erick Thohir 4,5%
9. Giring Genesha 2,6%
10. Khofifah Indar Parawansa 2,1%
11. Puan Maharani 1,4%
12. Airlangga Hartarto 1,3%
13. Moeldoko 1,2%
14. Mahfud Md 1%
15. Lainnya 0,8%

Seperti diketahui, belakangan ini sejumlah partai politik, seperti PDIP, Golkar, PKB, hingga Partai Demokrat, mulai berbondong-bondong memasang baliho ketum hingga kadernya untuk proyeksi Pilpres 2024.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya