Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Respons "Dingin" Fraksi PAN Atas Pelantikan 16 Kepala OPD Pemprov Jatim

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Pipit Anggraeni

29 - Jul - 2021, 12:54

Placeholder
Moch. Azis, Anggota F-PAN DPRD Jawa Timur

SURABAYATIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, baru saja melantik 16 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Jawa Timur menilai hal itu sudah merupakan hal yang biasa menurut regulasi.

Moch. Azis, Anggota F-PAN DPRD Jawa Timur menyampaikan hal ini merupakan salah satu rekomendasi para dewan untuk perbaikan Jawa Timur yang selama ini kesannya dilakukan setengah-setengah. Bila setelah ini ada perbaikan kinerja, tentu tidak ada alasan hukum untuk melakukan interpelasi.

Baca Juga : Netflix Disebut Mulai Garap Serial Live-action Pokemon

“Alhamdulillah, akhirnya gubernur menetapkan pimpinan OPD. Ada 16 kepala OPD yang dilantik hari ini ya,” kata anggota F-PAN Jatim, Moch. Azis.

Menurutnya, sudah sekitar empat bulan OPD-OPD tersebut dipimpin oleh Plt. Olleh karena itu adanya pelantikan ini merupakan sebuah keharusan menurut aturan yang berlaku supaya pemerintahan berjalan dengan maksimal.

“Apalagi dalam situasi sekarang, diperlukan terobosan besar untuk mengejar ketertinggalan yang disebabkan oleh pandemi,” lanjutnya.

Anggota legislatif daerah dari Dapil Jatim XIV (Madura) itu berharap, pelantikan pejabat definitif bukan hanya sekadar untuk menggugurkan kewajiban.

Menurutnya, penempatan pejabat harus yang berkualitas, sesuai amanat reformasi birokrasi, jangan sampai pelayanan terhadap rakyat dikesampingkan.

Baca Juga : Mengenal Covid Varian Delta Plus yang Mulai Terdeteksi di RI, Apa Bedanya dengan Varian Delta?

“Jangan terkesan pelantikan kepala OPD hanya menggugurkan kewajiban, tapi Pemprov Jatim melupakan pelayanan rakyat,” tegas Azis.

Ia juga menyampaikan, pihaknya telah menyusun Raperda soal perubahan RPJMD untuk menata langkah strategis membangun Jawa Timur pasca pandemi.

“Kebetulan setelah ini kami juga menyusun Raperda soal perubahan RPJMD yang bisa menata langkah strategis membangun Jawa Timur pasca pandemi,” pungkas Azis.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Pipit Anggraeni