Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Bondowoso Bakal Beri Bantuan kepada Pelaku Usaha Kecil

Penulis : Abror Rosi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jul - 2021, 18:12

Placeholder
Bupati Bondowoso Kh. Salwa Arifin (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)

BONDOWOSOTIMES - Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bantuan akan diberikan dalam bentuk uang tunai selama dua bulan kedepan pada Pedagang Kaki Lima (PKL), sopir dan kernet angkot, tukang becak, pedagang asongan di sekolah-sekolah khususnya pedagang cilok, karyawan cafe, pekerja permainan anak, pekerja bendi di  Alun-alun Bondowoso.

Baca Juga : Pemkab Jember Mulai Distribusikan Bantuan untuk Ringankan Warga Terdampak PPKM Darurat

Salwa Arifin Bupati Bondowoso, mengatakan, bantuan itu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.
"Bantuan ini akan disalurkan lewat Dinas Sosial (Dinsos) dalam waktu dekat," ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut, Bupati Salwa mengatakan, program bantuan itu sudah dibahas oleh Pj Sekda Bondowoso melalui proses rapat koordinasi intern antar tim anggaran untuk menghindari kesalahan di kemudian hari.
Dia menyampaikan, dengan adanya bantuan itu diharapkan nantinya dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung oleh PPKM Darurat.

"Program yang berasal dari dana Biaya Tidak Terduga (BTT) anggaran milik Bupati Bondowoso ini akan segera cair. Namun yang paling terpenting masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan untuk putus penularan Covid-19," tutupnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial Saifuddin Suhri, menambahkan, program tersebut akan diambilkan di APBD II kabupaten, dari BTT milik Bupati Bondowoso. "Untuk penyaluran nanti, kami pastikan tidak akan terjadi tumpang tindih batuan, karena data yang ada sudah kami dicek dan diverifikasi," ujarnya.

Baca Juga : Berstatus Hitam, Mulai Malam Ini PJU di Kota Malang Kembali Padam LagiĀ 

Dia menegaskan walaupun supir maupun kernet menjadi sasaran bantuan kalau sudah mendapatkan bantuan, maka tidak akan dapat dari program itu. Dia menjelaskan, rincian secara keseluruhan yang akan menerima bantuan di antaranya, sopir dan kernet angkot 130 orang, PKL dan pedagang asongan di Alun-alun Bondowoso 303 orang.

Lanjutnya, PKL dan pedagang asongan di Jembatan Ki Ronggo 29 orang, PKL dan pedagang asongan di SMAN 2 Bondowoso 21 orang, tukang becak 59 orang, pekerja bendi wisata 11 orang, pekerja permainan anak di Alun-alun 50 orang dan karyawan Cafe 150 orang. "Bantuan ini murni untuk yang terdampak PPKM Darurat. Kami pastikan dalam minggu ini akan terealisasikan," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni