Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Pemerintah Siapkan 11 Aplikasi Telemedicine Gratis bagi Pasien Isolasi Mandiri

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

06 - Jul - 2021, 09:36

Placeholder
Aplikasi Alodokter (Foto: Google Play)

INDONESIATIMES - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan 11 aplikasi telemedicine untuk melayani pasien isolasi mandiri (isoman) dengan gejala Covid-19 ringan. Aplikasi tersebut bisa diakses bagi mereka yang isoman secara gratis. 

"Ada 11 aplikasi telemedicine. Mereka bekerja untuk mengurangi tekanan di rumah sakit. Jadi, rumah sakit hanya untuk yang membutuhkan. Yang lain cukup isolasi mandiri," ujar Luhut dalam konferensi pers secara virtual Senin (5/7/2021). 

Baca Juga : Optimalkan PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Razia Sekaligus Test Antigen

Luhut mengatakan layanan ini nantinya bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter agar mendapat panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah. "Saya ucapkan terima kasih karena Anda terpanggil untuk melaksanakan ini semua," kata Luhut.

Dalam acara yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sejumlah kriteria bagi pasien bergejala ringan yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Lihat saturasi oksigennya apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah," jelas Budi. 

Pasien Covid-19 dengan gejala ringan, memang diarahkan untuk isolasi mandiri agar terhindar dari risiko penularan virus yang cenderung lebih tinggi di rumah sakit. Secara emosional, kata Budi, pasien juga bisa lebih tenang di rumah sehingga imunitas lebih terjaga. 

Baca Juga : Setelah Oksigen, Krisis Peti Jenazah Covid-19 Rupanya Mulai Mengancam, Ini Saran Ahli

Berikut daftar 11 aplikasi telemedicine yang bisa diakses bagi pasien isolasi mandiri secara gratis:

1. Alodokter
2. Getwell
3. Good Doctor
4. Halodoc
5. Klik Dokter
6. KlinikGo
7. Link Sehat
8. Milvik Dokter
9. ProSehat
10. SehatQ
11. YesDok


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya