Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Benarkan Nabi Isa akan Dimakamkan di Samping Rasulullah Setelah Akhir Zaman Kelak? 

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

23 - Jun - 2021, 10:45

Placeholder
Ilustrasi (Foto: islamudina.com)

INDONESIATIMES - Disebutkan jika Nabi Isa AS masih hidup hingga saat ini. Karena beliau tidak diwafatkan oleh Allah SWT melainkan hanya diangkat ke langit. 

Melansir melalui Umma.id kelak di akhir zaman, Nabi Isa akan turun untuk membimbing manusia ke jalan yang benar sekaligus memerangi Dajjal. Hal ini bahkan sudah tertulis berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah, bahwa Nabi Saw bersabda: 

Baca Juga : Berjejal Vaksinasi Untung atau Buntung?

"Senantiasa ada segolongan dari ummatku yang berperang demi membela kebenaran sampai hari kiamat".

Kemudian Nabi Saw berkata; ‘Maka kemudian turun Nabi Isa bin Maryam (keselamatan atasnya). Pemimpin golongan yang berperang tersebut berkata kepada Nabi Isa; ‘Kemarilah, shalatlah mengimami kami.’ 

Nabi Isa menjawab; ‘Tidak, sesungguhnya sebagian kalian adalah pemimpin atas sebagian yang lain, sebagai penghormatan bagi umat ini.’

Setelah Nabi Isa selesai dengan tugasnya dan berada di bumi selama 45 tahun, maka beliau akan diwafatkan oleh Allah SWT. Ia akan dikuburkan bersama Nabi Muhammad SAW. 

Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat Imam Sya’rani dalam Tazkiatul Qurthubi berikut: 

Baca Juga : Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juni 2021, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

"Sesungguhnya Isa bin Maryam saat turun akan menikah dan memiliki anak. Kemudian dia menetap selama 45 tahun dan dikuburkan bersamaku dikuburanku. Kemudian aku dan Isa bangkit dari kuburanku, dan salah seorang di antara Sayidina Abu Bakar dan Umar". 

Diketahui, saat ini makam Nabi Muhammad SAW sudah menyatu dengan kompleks Masjdi Nabawi. Di sebelah makam Rasul pun terdapat 2 makam sahabat yakni Abubakar As-Siddiq dan Umar bin Khatab.

Namun, di samping makam Rasulullah juga masih terdapat 1 makam yang kosong. Makam kosong itu disebut-sebut sebagai makam Nabi Isa setelah dibangkitkan oleh Allah SWT kelak. 


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana