Selamatkan Sumber, Wabup Lumajang Tandatangani Dokumen Kajian dan Aksi Mata Air Sumbertopo | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Selamatkan Sumber, Wabup Lumajang Tandatangani Dokumen Kajian dan Aksi Mata Air Sumbertopo

Apr 21, 2021 20:29
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menandatangani Dukmen Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) (Kominfo)
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menandatangani Dukmen Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) (Kominfo)

LUMAJANGTIMES - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menandatangani Dukmen Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) Mata Air Sumbertopo di Hall Arjuna Hotel Gajah Mada Lumajang, Rabu (21/04/2021).

Dalam sambutannya, Bunda Indah panggilan akrab Indah Amperawati berharap masyarakat melakukan kegiatan penyelamatan mata air, seperti melakukan kegiatan penanaman pohon dan memperbanyak sumur air resapan. Sehingga bisa menjaga ketersediaan mata air

Baca Juga : Bupati Cak Thoriq Berharap Semua Rumah Sakit di Lumajang Berikan Layanan BPJS

Berdasarkan kajian USAID IUWASH PLUS Mata Air Sumbertopo akan kehilangan 50% mata air jika tidak dilakukan upaya konservasi. "Betapa pentingnya mata air, mungkin 1-2 tahun tidak begitu terasa soal berkurangnya mata air ini, tapi nanti 10-15 tahun yang akan datang akan terasa. Jangan meninggalkan air mata, tapi wariskanlah mata air untuk anak cucu kita, menjaga mata air itu sangat penting," tegasnya.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan Bunda Indah kepada Usaid Iuwash Plus yang turut membantu Pemkab Lumajang dalam memastikan ketersediaan air di Lumajang.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang kami ucapkan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Usaid Iuwash Plus, artinya kesulitan kita banyak dibantu, tidak hanya soal mata air saja tetapi soal yang lain kita banyak dibantu," kata bu Wabup dalam sambutannya.

Sementara itu, Alifa Lestari, Deputy Chief of Party Usaid Iuwash Plus yang hadir secara virtual melalui sambungan video conference menyampaikan bahwa USAID–Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) Plus mendukung peningkatan akses air minum, sanitasi dan perilaku higiene yang adil dan setara.

Baca Juga : Pemkab Malang Segera Terbitkan Perbup dan SE Larangan Mudik Lebaran

Alifa Lestari mengatakan, bahwa Dokumen Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) akan menjadi acuan teknis dalam menyusun rencana kerja penganggarannya sebagai upaya menjamin ketersediaan air minum untuk masyarakat Kabupaten Lumajang. "Perlu komitmen dari Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mengimplementasikan dokumen KKMA-RA," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Lumajang Indah Amperawati

Berita Lainnya