Dinas PU Pengairan Banyuwangi Target Perluas Ratusan Jaringan Irigasi Tahun 2021 | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dinas PU Pengairan Banyuwangi Target Perluas Ratusan Jaringan Irigasi Tahun 2021

Apr 20, 2021 19:09
Lahan pertanian milik masyarakat di wilayah Glagah Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)
Lahan pertanian milik masyarakat di wilayah Glagah Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)

BANYUWANGITIMES-Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Banyuwangi yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional,  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi terus memperluas cakupan jaringan irigasi yang tersebar di beberapa wilayah.

Menurut Plt Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo, dalam mendukung perluasan jaringan irigasi, tahun 2021 ini pihaknya menargetkan perluasan ratusan saluran irigasi bisa dibangun.

Baca Juga : Masih Pandemi Covid-19, Bapenda Kabupaten Malang Belum Naikkan NJOP

"Pembangunan jaringan irigasi di tahun 2021 ditargetkan lebih dari 600 titik," jelas Guntur saat dikonfirmasi, Selasa (20/4/2021).

Selanjutnya dia menuturkan, selain melaksanakan program pembangunan, pihaknya juga melakukan rehabilitasi jaringan irigasi yang sudah ada. Hal ini merupakan salah satu program prioritas Dinas Pengairan Banyuwangi dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Dalam pengerjaannya imbuh Guntur, program pembangunan jaringan irigasi tahun ini lebih banyak dilakukan dengan model padat karya."Ini sesuai arahan Ibu Bupati dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat, dan meningkatkan daya beli masyarakat yang sekarang terpuruk," imbuhnya.

Baca Juga : Lanjut Bahas Refocusing, DPRD Trenggalek Minta TAPD Selektif Pilih Pos Anggaran

Saat ditanyakan penambahan jaringan irigasi di tahun ini, Guntur belum dapat memberikan kepastian. "Apakah ada penambahan lagi, tergantung kegiatan. Kalau alokasi dana direfocusing mungkin berkurang. Tetapi kalau dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) juga diberikan oleh pemerintah pusat, insyaallah kita tetap," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas PU Banyuwangi jaringan irigasi

Berita Lainnya