Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Para Remaja Stres saat Belajar Daring? Ini Cara Mengatasinya

Penulis : Odelia Violeta Islamy - Editor : Yunan Helmy

09 - Apr - 2021, 05:39

Placeholder
Ilustrasi stres akibat belajar daring. (Sumber : Pixabay)

MALANGTIMES - Pandemi covid-19 masih melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut membuat para pelajar diharuskan melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah alias belajar online atau daring.

Belajar daring banyak menimbulkan kejenuhan bagi para pelajar. Dan tidak sedikit dari mereka yang mengalami stres akibat situasi tersebut.

Baca Juga : Sosiologi Unisba Gelar Kajian Budaya, Sosiolog Tegaskan Bonus Demografi sebagai Berkah

Maka dari itu, berikut beberapa cara yang dapat meredakan stress para pelajar karena belajar daring.

1. Buat Jadwal Belajar yang Jelas

Mengatur waktu antara belajar dan istirahat sangatlah diperlukan pada kondisi belajar daring seperti saat ini. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang akan terlena dengan kenyamanan yang ada di rumah yang membuat dirinya lupa akan tugasnya sebagai seorang pelajar.

Maka dari itu, kita harus membuat jadwal belajar dengan jelas agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia.

2. Buat Tempat Belajar Menjadi Nyaman

Kondisi pandemi ini membuat banyak pelajar melakukan kegiatan belajar dari rumah. Hal tersebut tak jarang membuat para pelajar memiliki tempat belajar yang nyaman. Ya, tempat belajar yang nyaman dapat memengaruhi kualitas belajar mereka.

3. Relaksasikan Tubuh jika Lelah

Jika tubuh sudah terasa lelah, sebaiknya langsung rilekskan badan kita agar dapat memulihkan kondisi tubuh seperti semula. Kondisi segar akan membantu kita bersemangat dalam belajar. Sebaliknya, bila kondisi tubuh lelah, itu akan membuat fokus kita dalam belajar terpecah.

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Baca Juga : Triwulan Pertama 2021, Bapenda Kabupaten Malang Capai Tren Positif lewat PBB

Menjalani pola hidup sehat bukan hanya bermanfaat bagi tubuh kita, namun juga berguna dalam pembentukan mood dan kualitas belajar kita. Kalau kita memiliki mood yang baik, akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

Bagaimana cara kita dalam memulai pola hidup sehat? Yaitu dengan mulai berolahraga. Salah satunya dengan yoga. Yoga dapat membantu mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi rileks. 

Selain itu, kita harus menjaga pola tidur dan pola makan. Tujuannya agar dapat membantu memaksimalkan kinerja pada tubuh kita.

5. Berkomunikasi dengan Orang Terdekat jika Ada Masalah

Tak jarang para remaja saat ini memendam permasalahan mereka sendiri. Hal tersebut tentu saja akan berdampak dengan proses pembelajaran yang sedang mereka jalani. Maka dari itu, jika kita sedang menghadapi sebuah masalah, sebaiknya kita berkomunikasi dengan orang terdekat kita agar tidak menjadi beban dan tidak berdampak dengan kinerja belajar kita.

 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Odelia Violeta Islamy

Editor

Yunan Helmy