Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

PT KAI Tunjuk Stasiun Blitar Layani Pemeriksaan GeNose C19

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

31 - Mar - 2021, 14:11

Placeholder
Calon penumpang memanfaatkan layanan GeNose di Stasiun KA Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

BLITARTIMES-Stasiun Kereta Api Blitar ditunjuk oleh PT KAI sebagai salah satu stasiun yang menyediakan layanan GeNose C19. Layanan itu mulai aktif dioperasikan mulai Selasa 30 Maret 2020.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah 21 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Ke-21 stasiun tersebut yaitu Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

Baca Juga : Pj Sekda Kabupaten Blitar Minta Satgas Covid-19 Tingkat Desa Waspadai Arus Mudik

"Dengan adanya penambahan ini, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 khususnya di wilayah Daop 7 Madiun ada 7 stasiun, yaitu Stasiun Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono dan Stasiun Nganjuk. PT KAI melaksanakan penambahan secara bertahap. Penambahan mulai bulan Februari sampai dengan Maret 2021. Penyediaan layanan Genose ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Layanan ini untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi Covid-19," kata Ixfan.

Dikatakannya, kereta api menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, Daop 7 Madiun telah melayani sebanyak 8.113 peserta. Rinciannya di Stasiun Madiun 7.114 peserta dan Jombang 999 peserta.

“Produk GeNose ini buatan Indonesia. Dan masyarakat sangat antusias dengan produk ini. Hal tersebut dikarenakan proses yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau hanya Rp 30.000," jlentrehnya. 

Ixfan menambahkan, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Calon penumpang juga tidak diperbolehkan merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

"Ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh calon penumpang. Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 7 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh," papar Ixfan.

Baca Juga : HUT Tagana, Wawali Bung Edi Beri Apresiasi Gerakan Penanaman 1.000 Pohon 

Lebih dalam Ixfan menyampaikan, bagi pelanggan yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dapat memesan layanan pemeriksaan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access. 

Info selengkapnya terkait pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, pelanggan dapat menghubungi Customer Service, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," tutup Ixfan.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni