Jelang Muscab, PKB Kota Blitar Gelar Khataman Alquran dan Istighosah | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jelang Muscab, PKB Kota Blitar Gelar Khataman Alquran dan Istighosah

Mar 03, 2021 16:34
Suasana khataman Alquran di kediaman Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Suasana khataman Alquran di kediaman Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar mengelar serangkaian kegiatan jelang dilaksanakannya Musyawarah Cabang (Muscab) Tahun 2021. Kegiatan Pra Muscab diantaranya diisi dengan gelar khataman Alquran dan Istighosah, Rabu (3/3/2021). 

Kegiatan khataman Alquran dilaksanakan di tiga tempat secara serentak. Masing-masing di rumah Anggora DPRD Kota Blitar Elly Iidayah Fitnawati di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul, rumah anggota DPC PKB Sakur di Kelurahan Plosokerep Kecamatan Sananwetan, dan di rumah Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo.

Baca Juga : Bupati Trenggalek Bertekad Cetak 5.000 Wirausahawan Baru Per Tahun

“Khataman Alquran dilaksanakan serentak di tiga dapil yakni Kepanjenkidul, Sananwetan dan Sukorejo,” terang Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto. 

Dikatakannya, tujuan dilaksanakannya khataman Alquran adalah untuk mencari berkah dan karomah dari Alquran. Sehingga muscab DPC PKB Kota Blitar yang rencananya akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Ngegong pada Minggu 7 Maret 2021 bisa berjalan lancar dan sukses.

“Muscab nanti memilih ketua dan kepengurusan baru. Harapan kita siapapun yang terpilih nanti dapat membesarkan partai dan berkhidmat untuk Nahdlatul Ulama,” imbuhnya.

Setelah khataman Alquran kegiatan Pra Muscab DPC PKB Kota Blitar di hari yang sama dilanjut dengan istigosah di Kantor DPC PKB Kota Blitar. Kegiatan kemudian ditutup dengan sholawat.

“Kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan ini membuktikan PKB di Kota Blitar masih ada. Kita terus mengembangkan diri sebagai partai yang lebih besar. Kalau sekarang di DPRD kita punya 4 kursi ke depan kita di pileg selanjutnya bisa menambah kursi sehingga bisa lebih memberikan kemanfaatan untuk masyarakat Kota Blitar,” tegasnya. 

Yasin menambahkan, dalam menyambut muscab beberapa hari yang lalu pihaknya juga menggelar kegiatan bakti sosial pembagian masker gratis untuk masyarakat. Masker disalurkan ke masjid-masjid yang melaksanakan sholat Jumat.

“Masker disalurkan untuk membantu masyarakat. Karena situasi masih pandemi Covid-19,” terangnya. 

Ditemui terpisah, Wakil Ketua DPC PKB Kota Blitar dan Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, kegiatan Pra Muscab diiisi dengan khataman Alquran, istigosah dan sholawat ini selain untuk kesuksesan PKB juga mendoakan pendiri NU KH Hasyim Asy’arie dan pendiri PKB. 

“Semoga muscab yang kita gelar pada hari minggu nanti bisa mendapatkan barokah. PKB di Kota Blitar bisa terus mengabdikan diri untuk masyarakat dengan politik yang rahmatan lil alamin,” ucap Totok.

Baca Juga : Resmikan Sekolah Inklusi, Bupati Jember Harapkan Sekolah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Terus Bertambah

Lebih dalam Totok menyampaikan, secara garis besar muscab adalah forum tertinggi untuk menentukan struktur kepengurusan DPC PKB. Diantaranya pemilihan ketua dewan syuro dan ketua DPC. 

“Kami berharap siapapun yang terpilih jadi ketua dan pengurus nanti bisa membawa kemajuan untuk PKB di Kota Blitar,” pungkasnya. 

Sekedar diketahui, muscab akan digelar serentak oleh DPC PKB se Indonesia. Untuk Kota Blitar beberapa nama santer dikabarkan bakal maju dalam persaingan memperebutkan kursi ketua DPC PKB. Masing-masing Yasin Hermanto, Totok Sugiarto dan M Agus Johar Tontowi. 

Yasin Hermanto saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PKB. Sementara Totok Sugiarto dan Tontowi sama-sama menjabat sebagai wakil ketua DPC PKB. 

“Sesuai dengan keputusan dan instruksi dari DPP PKB, Muscab akan diikuti DPC PKB se Indonesia," jelasnya.

Sebagai informasi, Muscab serentak akan dilaksanakan pada Minggu 7 Maret 2021. Namun pada dasarnya, masa kepengurusan DPC PKB Kota Blitar untuk periode kali ini belum selesai. Namun pengurus harus mengikuti agenda nasional untuk memilih ketua baru.

"DPC PKB Kota Blitar periode ini kepengurusannya harusnya habis pada 2023. Tapi kita akan ikuti karena ini keputusan DPP,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPC PKB Kota Blitar

Berita Lainnya