07/02/2023 Gelar Rapat Sertijab, Ini Pesan Legislatif untuk Bupati Banyuwangi yang Baru | Jatim TIMES

Gelar Rapat Sertijab, Ini Pesan Legislatif untuk Bupati Banyuwangi yang Baru

Mar 03, 2021 14:38
Pimpinan DPRD Banyuwangi, Gubernur Jatim, bupati-wakil bupati Banyuwangi dalam Rapat Paripurna Dewan di Gedung DPRD Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Pimpinan DPRD Banyuwangi, Gubernur Jatim, bupati-wakil bupati Banyuwangi dalam Rapat Paripurna Dewan di Gedung DPRD Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Pipit Anggraeni

BANYUWANGITIMES- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Banyuwangi menggelar rapat paripurna dengan agenda serah terima jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi hasil pilkada Banyuwangi tahun 2020. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyampaian pidato Bupati Banyuwangi di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Banyuwangi.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, dan didampingi tiga wakil ketua dewan Banyuwangi. Dalam sambutannya, Made Cahyana mengungkapkan dasar pelaksanaan rapat paripurna yang digelar. Antara lain adalah Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI No. 273/487/SC 2021 tentang penjelasan dan penegasan terkait pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020. Di mana SE tersebut menjelaskan bahwa bupati yang telah dilantik agar menyampaikan pidato sambutan sebagai Bupati pada sidang paripurna di masing masing Kabupaten/kota.

Baca Juga : Baru Dilantik dan Miliki Program Strategis, Ini Profil Rektor Baru ITN Malang

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Banyuwangi atas kerukunan dan keguyuban yang terbangun selama ini. Sehingga rangkaian penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi, berjalan dengan lancar dalam situasi yang kondusif.

“Selamat dan sukses kepada Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas- H Sugirah semoga mampu bekerja maksimal untuk mewujudkan Banyuwangi yang semakin maju, sejahtera dan berkah,”jelas Made.

Setelah menjalani prosesi sertijab yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Wakil Ketua DPRD Jatim dan semua undangan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dalam pidato sambutan yang perdana antara lain menyampaikan visi misi pasangan bupati-wakil bupati Banyuwangi 2020-2025 dalam membangun kabupaten Banyuwangi lima tahun ke depan.

Menurut Ipuk, sesuai dengan visi untuk mewujudkan Banyuwangi yang semakin maju, sejahtera dan berkah. Kemudian bersinergi dan mensukseskan misi pemerintah yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal berbasis pertanian, perikanan, UMKM, Pariwisata dan membuka lapangan pekerjaan guna mengurangi angka kemiskinan.

Kemudian membangun SDM yang unggul sehat jasmani rohani produktif dan berkarakter. Meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan dan kebutuhan lainnya dalam upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak dan teguh menjalankan nilai-nilai keagamaan. Menjaga memelihara dan melestarikan tradisi adat istiadat dan kerukunan dalam harmoni kebhinekaan, imbuhnya.

Baca Juga : Kejaksaan Jombang Tetapkan Seorang Tersangka Korupsi Perpusdes Rp 328 Juta

“Kami juga berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial yang merata dengan tata kelola pemerintahan yang tangkas dan dinamis melalui transformasi digital untuk mewujudkan birokrasi produktif dan kemudahan berusaha,” terangnya.

Lebih lanjut Ipuk menambahkan, sesuai dengan arahan Gubernur Jatim pemkab Banyuwangi juga akan terus mempercepat pencairan Dana Desa (DD). Untuk Banyuwangi  sampai dengan 1 Maret 2021 sudah  ada 49 desa yang telah mencairkan DD dan sudah ada 44) desa yang mencairkan alokasi DD dengan total yang telah ditransfer sebesar 47,309 Milyar.

"Total sepanjang 2021 dana yang di peruntukan bagi desa di Kabupaten Banyuwangi adalah 413 Milyar dan sesuai arahan Ibu Gubernur percepatan akan terus kami lakukan demi meningkatkan perekonomian desa dalam rangka pemulihan ekonomi daerah akibat pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Judul berita Gelar Rapat Sertijab, Ini Pesan Legislatif untuk Bupati Banyuwangi yang Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
DPRD Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi

Berita Lainnya