Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Capai Misi Pertama, Pendidikan Karakter Masih Jadi Andalan Wali Kota Malang

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Yunan Helmy

28 - Nov - 2020, 13:27

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi pemateri dalam webinar pendidikan karakter. (Humas Pwmkot Malang).

Pembangunan di bidang pendidikan menjadi salah satu bidang  yang terus dikuatkan Pemerintah Kota Malang. Di masa pandemi covid-19, pembangunan bidang pendidikan tak pernah luput dari berbagai program yang digelontorkan. Mulai dari pemberian fasilitas WiFi gratis hingga regulasi yang mendukung proses pendidikan bagi setiap pelajar di Kota Pendidikan ini.

Selain itu, pendidikan karakter tetap menjadi landasan komitmen yang terus dibangun Pemerintah Kota Malang. Hal itu ditegaskan Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi keynote speaker pada webinar pendidikan nasional 2020 dengan tema Merajut Kembali Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar di era New Normal, Sabtu (28/11/2020) hari ini.

Baca Juga : Urus SKPWNI, Ini Persyaratannya Menurut Dispendukcapil Kabupaten Blitar

Dalam materinya, pria berkacamata tersebut mengatakan bahwa Pemkot Malang berkomitmen untuk mewujudkan kota yang layak anak melalui kebijakan pembangunan yang inklusif. "Keseimbangan membangun karakter dan skill penguasaan pembangunan menjadi kunci lahirnya generasi emas yang tak hanya berilmu, namun juga berakhlak," tuturnya.

Pandemi covid-19, lanjut Sutiaji, tentu akan memengaruhi seluruh sektor pembangunan di Kota Malang, tanpa kecuali sektor pendidikan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan sistem pembelajaran secara daring.

"Karena itu pula, pada misi ke satu tahun 2018 - 2023 menjelaskan bahwa menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga. Sasarannya adalah tercapainya masyarakat terdidik dan berkarakter," tegas wali kota penyuka makanan pedas itu.

Pada kesempatan tersebut, politisi Demokrat tersebut juga berpesan agar seluruh tenaga pendidik selalu mengedepankan dan menjaga hak-hak sipil anak dalam rangka mendapatkan pendidikan yang baik.

Untuk mendukung pendidikan yang lebih berkualitas, Sutiaji sebelumnya juga menyampaikan  ada banyak sederet program yang digelontorkan untuk mendukung prestasi para pelajar. Di antaranya dengan memberikan beasiswa sejak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

Baca Juga : Jadikan Kota Kediri Smart City, Ini Program Wali Kota Kediri

Selain itu, tenaga pendidik yang berasal dari guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) juga terus diupayakan untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan beberapa skema khusus yang dibuat. Pasalnya,  Pemerintah Kota Malang tidak memiliki kewenangan menggaji GTT dan PTT, melainkan itu menjadi tanggungjawab setiap sekolah dan yayasan.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Yunan Helmy