Pisang seribu yang panjangnya lebih dari 2 meter di desa Salak Kembang Kalidawir / Foto : Dayat / Tulungagung TIMES
Pisang seribu yang panjangnya lebih dari 2 meter di desa Salak Kembang Kalidawir / Foto : Dayat / Tulungagung TIMES

Warga Desa Salak Kembang Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, dihebohkan dengan keanehan buah pohon pisang yang banyak buahnya dan panjang hingga mencapai sekitar dua meter. Pemilik pohon pisang, Dayat (42) warga RT 01/RW02 Desa Salak Kembang ini mengatakan pohon pisang yang dianggap unik itu bibitnya diambil dari seorang temannya. Bibit itu kemudian ditanam di depan rumahnya.

“Memang pohon pisang ini sudah saya tanam sejak bulan Februari, kemudian tumbuh di rumah ini dan mulai berbuah pada bulan September," kata Dayat, Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga : Jatuh Mendadak saat Kendarai Sepeda Motor, Petani Tulungagung Meninggal

Diakui Dayat, dirinya dan para tetangga kaget karena ada keunikan buah pisang yang panjang sampai ke bawah hingga 2 meter lebih ini. Selain itu, para teman dan sahabat Dayat banyak yang datang untuk melihat dan berfoto bersama pisang ini. "Sudah dua meter lebih dan masih ada ontong (hati) nya, bisa saja sampai menyentuh tanah," ungkap pria yang juga berprofesi sebagai guru agama ini.

Pisang yang dikenal dengan pisang seribu ini sebenarnya sering muncul di beberapa wilayah di Indonesia. Di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara pisang seribu dapat dijumpai.

Namun, kemunculan pisang seribu tetap menjadi primadona bagi warga yang berada di sekitarnya."Teman saya juga banyak yang foto di pisang ini, bisa dikatakan viral sekarang," kata Imam, teman Dayat saat menceritakan adanya pisang yang menghebohkan ini.