Bangkitkan Sektor Pariwisata Blitar, Rijanto Akan Genjot Wisata Tematik | Jatim TIMES

Bangkitkan Sektor Pariwisata Blitar, Rijanto Akan Genjot Wisata Tematik

Nov 02, 2020 13:21
Rijanto saat kunjungan ke wisata Puncak Langit.
Rijanto saat kunjungan ke wisata Puncak Langit.

Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Blitar Rijanto-Marhaenis Urip Widodo (RIDO) menjadikan sektor pariwisata sebagai pendorong kemajuan multisektor. Program pembangunan kawasan wisata tematik akan diterapkan RIDO jika nanti terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Blitar. 

Penekanan itu disampaikan calon bupati Blitar Rijanto saat berkunjung ke wisata Puncak Langit di Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Sabtu (31/10/2020). Ya, disela-sela kesibukan kampanye, Rijanto menyempatkan diri untuk melihat perkembangan kawasan wisata yang berada di ujung utara Kabupaten Blitar bagian timur ini. 

Baca Juga : Pengusaha Keripik Lumba-Lumba dan Keluarga, Kompak Dukung LaDub di Pilkada Malang 2020

“Pandemi covid-19 ini dampaknya melumpuhkan seluruh sektor. Salah satunya sektor wisata. Sudah 7 bulan ini sektor wisata di  Kabupaten Blitar pendapatannya menurun drastis. Untuk itulah, pemerintah daerah harus mencari terobosan agar sektor pariwisata ini bangkit kembali,” ungkap Rijanto. 

Dikatakannya, salah satu upaya yang akan dilakukan RIDO jika terpilih nanti adalah mengembangkan wisata tematik di Kabupaten Blitar. Wisata tematik adalah program pembangunan kawasan wisata dengan mengedepankan keseimbangan lingkungan.

“Wisata tematik ini nanti bila berhasil dampaknya akan sangat luar biasa. Sektor-sektor lain meliputi sosial, budaya dan pendidikan akan ikut maju,” tukasnya.

Lebih dalam Rijanto menyampaikan, wisata tematik seperti Puncak Langit akan jadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Dengan berkunjung ke wisata tematik ini, wisatawan akan mendapatkan manfaat lebih serta pengalaman berbeda untuk diceritakan kepada teman, kerabat, dan keluarga yang tentunya turut membantu promosi wisata tersebut.

“Contoh dari wisata tematik seperti Puncak Langit ini. Di wisata ini wisatawan tidak hanya sekadar melakukan perjalanan. Mereka juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan. Di tempat ini mereka juga mendapatkan ragam alternatif wisata yang didatangi. Nah, wisata tematik ini harus digagas agar tren wisata ke depan tidak hanya melakukan sebuah perjalanan, tetapi juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan,” ucap calon bupati yang diusung PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PPP, dan Golkar itu.

Baca Juga : Garap Pendidikan, Paslon SanDi Janjikan Internet Gratis di Setiap Perkampungan

Dalam kunjunganya di Puncak Langit kali ini, Rijanto juga menanam pohon durian. Penanaman ini sebagai simbol pembangunan pariwisata yang terkonsep dan  berkelanjutan.

“Wisata seperti Puncak Langit ini sangat bagus. Tempatnya sejuk sekali. Kami mendorong agar ke depan objek wisata ini bisa menjadi tujuan alternatif wisatawan jika berkunjung di wilayah Kabupaten Blitar bagian timur. Wisata ini kan jadi destinasi wisata andalan setelah Kebun Teh Serah Kencong,” pungkas Rijanto. 

Topik
Sektor Pariwisata Blitar Petahana Rijanto Marhaenis Urip Widodo wisata Puncak Langit

Berita Lainnya