Kondisi pabrik saat terbakar. (Foto: Adi Rosul / JombangTIMES)
Kondisi pabrik saat terbakar. (Foto: Adi Rosul / JombangTIMES)

Sebuah pabrik pemotongan ayam di Jombang terbakar. Warga yang berada di sekitar lokasi sempat mendengar suara ledakan dari dalam pabrik.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi di pabrik pemotongan ayam PT Gemilang Inti Sukses (GIS), yang berada di Jalan Raya Mojowarno-Cukir, Dusun Rejosari Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno. Kebakaran diketahui pada Kamis (29/10) pagi.

Baca Juga : Gelontor Rp 788 Juta, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Salurkan BLT bagi Pekerja Kena PHK

"Kejadiannya sekitar pukul setengah lima (04.30 WIB)," terang salah satu karyawan Bagus Setiawan (22), saat diwawancarai di lokasi kejadian.

Kebakaran yang terjadi di pabrik pemotongan ayam itu terlihat cukup besar. Asap dari kebakaran juga terlihat dari radius 500 meter dari lokasi kejadian.

Dijelaskan Bagus, sebelum kebakaran terjadi sempat terdengar suara ledakan di area mesin pemotongan ayam. Ledakan tersebut diduga akibat korsleting listrik.

"Ada korsleting listrik dari kabel. Terjadi ledakan tiga kali. Posisinya di sebelah tengah-tengah," ujarnya.

Hingga saat ini, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman api. Sedikitnya, ada lima unit mobil kebakaran dikerahkan oleh petugas pemadam kebakaran BPBD Jombang.

Baca Juga : Libur Panjang Akhir Oktober, Kota Malang Tak Mau Oleh-Oleh Corona

"Saat ini masih kita lakukan penyelidikan. Saat ini masih dalam evakuasi pemadaman. Ada lima unit PMK kita kerahkan, ini sudah hampir 70 persen proses pemadaman," kata Kapolsek Mojowarno AKP Yogas.

Disampaikan Yogas, tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran ini. Saat kebakaran terjadi, ada aktivitas pekerja di lokasi. Namun, semua berhasil dievakuasi oleh pihak pabrik dan kepolisian.

"Sampai saat ini tidak ada korban, sebatas kerugian materiil. Tadi ada pekerja, tapi semuanya sudah kita evakuasi," pungkasnya.(*)