Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat memberikan arahan kepada anggota (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat memberikan arahan kepada anggota (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

Menjelang musim liburan panjang, Polres Bondowoso bersama instansi terkait membentuk pos pengamanan di sejumlah tempat wisata. Pendirian Pospam terpadu itu bertujuan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes), sekaligus mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di masa libur panjang.

"Ini tujuannya untuk kamtibmas dan memastikan masyarakat patuh prokes," terang Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz di wisata Kawah Wurung Kecamatan Ijen, Minggu (25/10/2020).

Baca Juga : Gelontorkan Rp 200 Juta, Pemkot Batu Muluskan Akses Jalan Brau-Paralayang

Ia melanjutkan, bahwa liburan di tengah pandemi Covid-19 bukan hanya harus menciptakan suasana aman. Melainkan juga harus memastikan masyarakat juga patuh terhadap protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, tak berkumpul, serta memastikan jumlahnya tak melebihi dari kapasitas atau 50 persen dari jumlah seharusnya.

"Kita juga di sini ingin pastikan masyarakat patuh prokes," imbuhnya.

Sejauh ini, pendirian propam dilaksanakan di objek wisata Kawah Wurung Kecamatan Ijen, dan objek wisata Batu So'on Desa Solor, Kecamatan Cerme.

"Karena dua tempat wisata itu paling banyak pengunjungnya dengan akses masuk yang beragam. Makanya, kami pastikan  selama liburan ini pengunjung tak lebih dari kapasitas," jelasnya.

Ada pun untuk objek wisata lainnya, kata Kapolres Erick, masih akan dikoordinasikan dengan  Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) setempat. Dalam pospam itu turut melibatkan personel Polsek, Koramil, dan Puskesmas.

Baca Juga : Percepat Penanganan Covid-19, Pemkab Luncurkan Motor dan Mobil Tracing

"Untuk objek wisata lain masih kita koordinasikan lebih lanjut," pungkasnya.

Untuk diketahui, hari cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan dimulai pada 28 Oktober hingga 30 Oktober.