Walikota Probolinggo  Habib Hadi (kanan) saat berikan bantuan pada lansia sebatangkara. (Foto: Bilhaq Nazal/Probolinggotimes)
Walikota Probolinggo Habib Hadi (kanan) saat berikan bantuan pada lansia sebatangkara. (Foto: Bilhaq Nazal/Probolinggotimes)

Aksi sosial kembali dilakukan Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin. Demi meringankan beban warganya yang butuh uluran tangan, wali kota yang akrab disapa Habib Hadi itu sengaja menyisihkan gajinya untuk disumbangkan. 

Secara berkala, uang gaji tersebut dia salurkan pada warga-warga yang membutuhkan. Seperti hari ini, Kamis (15/10/2020), Habib Hadi mengunjungi lansia sebatang kara yang tinggal di Kelurahan Kedung Asem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. 

Baca Juga : Bila Ada Tempat Uji Kir Kota Batu, Bisa Sumbang Retribusi Capai Rp 1,4 Miliar

Dia mendapat informasi dari masyarakat melalui media sosial (medsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, bahwa di wilayah tersebut ada warga tak mampu yang membutuhkan bantuan. 

Warga tersebut bernama Surya (80) mengalami gangguan fisik, dia lumpuh, kakinya bengkak dan matanya kabur. Hal tersebut yang menyebabkan dirinya kesusahan untuk berjalan dan melakukan aktifitas lainnya.

Maka, Habib Hadi berinisiatif memberikan bantu kursi roda. Dengan didampingi oleh Camat Wonoasih, Deus Nawandi, Habib Hadi meluncur ke rumah lansia yang bernama nenek Surya.

“Bantuan kursi roda ini bisa digunakan untuk beraktivitas dan jalan-jalan, semoga ada manfaat ya kursinya," ujar Habib Hadi.

Habib Hadi juga mengungkapkan jika menunggu respons pemerintah, maka prosesnya akan lama. "Kalau menunggu pemerintah lama prosesnya, harus didata dan diajukan dulu,” imbuhnya.

Menurut informasi yang beredar, nenek Surya hidup dengan seorang cucu yang bukan cucu kandungnya. Cucu itu merawatnya meski tidak tinggal satu rumah. Setiap pagi, cucunya mengantar makanan untuk nenek Surya.

Tak hanya menyerahkan bantuan, Habib Hadi segera menghubungi Dinas Kesehatan untuk mengirimkan petugas dari Puskesmas Wonoasih dan diharap bisa segera melakukan perawatan yang tepat bagi nenek Surya.

Menurut Habib Hadi, pemerintah harus tahu dan hadir melihat kondisi masyarakatnya untuk melihat apakah sudah mendapat bantuan atau belum.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Terima Penghargaan Pembina AoC Gema Cermat Terbaik se-Jawa Timur

“Saya berharap, masyarakat yang hidup sebatang kara segera informasikan, kami akan membantu," ungkapnya.

Habib Hadi menuturkan, dirinya akan melakukan segala upaya, termasuk menggunakan gajinya untuk membantu warganya yang membutuhkan. 

"Cara saya melalui ikhtiar, sisihkan gaji saya untuk yang membutuhkan," pungkas wali kota yang juga mantan anggota DPR RI ini.

Terpisah, sebenarnya, nenek Surya sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, dia juga mendapat program Rantang Sehat tapi ditolak.

“Tidak dimakan, jadi sayang. Makanya terus dikembalikan untuk diberikan ke yang lain saja,” ujar cucu nenek Surya yang enggan disebutkan namanya.

Sebelumnya, pada Jumat (9/10/2020) lalu, Habib Hadi memberi bantuan kursi roda ke warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan.