Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Wisata Sepeda Sekaligus Belajar Sejarah, Ini Rute Gowes Asyik di Tengah Kota Yogyakarta

Penulis : Arif Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

10 - Oct - 2020, 10:43

Placeholder
Heroe Poerwadi Wakil Walikota Kota Yogyakarta saat jajal rute pada pagi Jumat (9/10/2020).

Jalur wisata sepeda semakin digencarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Selain dimanfaatkan untuk menumbuhkan UMKM, juga sebagai promosi desa-desa wisata di tengah Kota Yogyakarta.

Kali ini, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjajal rute wisata “Tilik Jeron Beteng" sepanjang 8,6 kilometer.

Baca Juga : Jelajah Alam Blentreng, Pesona Wisata Terbaru di Kabupaten Mojokerto

 

Ia mengungkapkan, melalui wisata sepeda tersebut Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya untuk menumbuhkan sektor perekonomian masyarakat secara langsung yang terdampak pandemi Covid-19. 

“Insya Allah setiap Jumat kami akan mengunjungi jalur-jalur sepeda tersebut, tentu saja, semuanya harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan atau pakai hand sanitizer,” katanya.

Rutenya diawali dari Pasar Pakuncen menuju kampung Ketanggungan, rombongan tersebut berangkat pukul 06.00 WIB. Setelah melewati Pakuncen, bertemu kampung Sindurejan, Suryodiningratan, Plaza Pasar Ngasem dan berakhir di pasar satwa dan tanaman hias (Pasthy).

Di sepanjang rute tersebut, para goweser nantinya bisa melihat pemandangan situs Keraton Yogyakarta dan bisa sekalian mengulik potensi di sekitar Keraton, Taman Sari, Alun-Alun Yogyakarta serta menyusuri Sungai Winongo sisi selatan serta menikmati Bendung Tanjung.

Rute-rute tersebut juga mengenalkan aroma asli pedesaan di Kota Yogyakarta. Selain dapat berolahraga, pengunjung akan belajar sejarah sambil menikmati bersepeda.

Baca Juga : Nikmati Jajan Tradisional di Tulungagung Ini Bayar dengan Koin Kayu, Mau Tahu Tempatnya?

 

“Tentunya kami berharap potensi perkampungan di Kota Yogya yang belum banyak dikenal masyarakat luas, dengan adanya jalur wisata sepeda ini diharapkan potensi-potensi yang ada wilayah dapat terangkat,” pungkasnya.

 


Topik

Wisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arif Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri