Keterlaluan, Terlihat Khusyuk Berdoa di Masjid, Ternyata Pria Ini Maling Kotak Amal | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Keterlaluan, Terlihat Khusyuk Berdoa di Masjid, Ternyata Pria Ini Maling Kotak Amal

Oct 04, 2020 17:25
Seorang pria yang nampak khusyuk berdoa didalam masjid, ternyata maling kotak amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Seorang pria yang nampak khusyuk berdoa didalam masjid, ternyata maling kotak amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Pencurian uang kotak amal terekam CCTV di Masjid Darul Muttaqien, Jalan Melati gang Masjid, Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (3/10/2020).

Dalam rekaman CCTV, pelaku pencurian berpura-pura salat dan melakukan zikir. Gestur tubuh dan badan pelaku, saat itu juga begitu meyakinkan, seakan menunjukan benar-benar berdoa. Setelah berpura-pura salat dan melakukan zikir, begitu suasana aman, pelaku lantas segera melakukan aksinya membobol kotak amal.

Baca Juga : Maling Nekat, Motor Dekat Pos Polisi Disikat, Hanya Butuh 5 Detik Nyalakan Kontak

Menurut Ketua RT 17, RW 5, Mustain (44), kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.20 wib. Saat itu, pelaku datang menggunakan baju merah dengan celana hitam.

Saat itu di dalam masjid masih terdapat penjual jajan di sekitar masjid yang tengah solat. Kemudian pelaku datang menuju ruang wudu.

"Di sana pelaku ini cukup lama,  setelah itu keluar masuk ke masjid untuk melihat orang yang salat tadi, karena orangnya masih ada, pelaku keluar lagi dan masuk kamar mandi. Setelah itu pelaku keluar masuk ke ruang tengah dan kemudian berpura-pura salat," jelasnya, Minggu (4/10/2020).

Setelah pedagang yang salat pergi, pelaku yang sebelumnya berpura-pura salat kemudian mednekati melihat kotak amal yang tidak jauh dari posisinya. Kemudian langsung berusaha membobolnya.

"Posisinya pelaku di belakang, dekat dengan posisi kotak amal. Setelah itu kotak amal dimiringkan dan langsung dibobol. Empat gemboknya dirusak dan dibawa oleh pelaku," ungkapnya.

Usai berhasil membuka empat gembok kotak amal, pelaku lantas menggeser posisi kotak amal ke depan agar aksinya tidak ketahuan warga. Dan di depan inilah pelaku kemudian menggasak uang dalam kotak amal kurang lebih sekitar Rp 3 juta. Uang tersebut kemudian oleh pelaku dimasukkan ke dalam tas slempang yang ia bawa. "Ya mungkin takut ketahuan, ahkirnya posisinya digeser kedepan. Di depan ini tidak terjangkau oleh CCTV saat mengambil,"Jelasnya.

Baca Juga : Aksi Maling Elpiji Milik PKL Terekam CCTV

Setelah mengambil uang tersebut, pelaku lantas segera kabur meninggalkan masjid. Saat keluar masjid, pelaku sempat berpapasan dengan warga sekitar. Namun saat itu warga tak mengira jika pelaku mencuri kotak amal.

Aksi pelaku tersebut kemudian ketahuan setelah jemaah masjid yang akan menjalankan salat magrib curiga melihat posisi kotak amal yang biasanya di belakang tidak ditemukan. Dari situ, kemudian kotak amal ditemukan telah bergeser di depan dan uang tidak ada. 

"Setelah lihat CCTV baru tau kalau ada pencurian. Pelaku saat itu naik sepeda motor Jupiter MX, tapi platnya nggak kelihatan dari CCTV," bebernya.

Setelah kejadian tersebut, saat ini pihaknya akan lebih meningkatkan keamanan. Masjid nantinya juga akan dikunci untuk mengantisipasi hal tersebut kembali terulang. "Kalau laporan polisi masih belum, mungkin teman-teman juga mau laporan. Videonya juga di-Share ke medsos supaya yang lain juga lebih hati-hati," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
maling kotak amal Kriminalitas malang

Berita Lainnya