Maling Nekat, Motor Dekat Pos Polisi Disikat, Hanya Butuh 5 Detik Nyalakan Kontak | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Maling Nekat, Motor Dekat Pos Polisi Disikat, Hanya Butuh 5 Detik Nyalakan Kontak

Oct 03, 2020 18:42
Pelaku curanmor berbadan atletis yang mencuri motor di kawasan Jalan Arif Margono Gang 6 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pelaku curanmor berbadan atletis yang mencuri motor di kawasan Jalan Arif Margono Gang 6 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Meskipun dekat dengan lokasi pos polisi, tak menjamin jika para pelaku kejahatan takut untuk menyatroni lokasi di sekitarnya. Seperti kejadian pencurian yang terjadi di kawasan Jalan Arif Margono, gang 6, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang ini contohnya.

Motor milik Lukman (27) warga yang tinggal di gang 6, hanya berjarak sekitar 50 meter dari pos polisi Kasin ini, dicuri orang. Aksi pencurian tersebut, terekam kamera CCTV lingkungan yang terpasang di sekitar lokasi.

Baca Juga : 2.952 Warga Langgar Aturan Lalu Lintas di Bangkalan Sepanjang September

 

Aksinya tergolong begitu cepat. Mulai dari saat pelaku memasukkan kunci T ke lubang kontak motor, hingga merusak kunci untuk menyalakan kendaraan hanya membutuhkan waktu sekitar lima detik.

Tetangga korban, yakni Listyaningrum (57) menjelaskan, jika kejadian tersebut terjadi pada Jumat, 2 Oktober 2020, sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu korban berada di ruang tamu tengah minum kopi. "Ya orangnya di ruang tamu, minum kopi, katanya dengar suara, cuma nggak langsung keluar, nggak lama karena mungkin curiga, akhirnya keluar lihat motor sudah dibawa maling," jelasnya, Sabtu, (3/10/2020).

Usia memutar arah motor korban, pelaku yang aksinya ketahuan, saat itu mulai menaiki motor korban tepat di depan pintu pagar rumah korban. Mengetahui pemilik kendaraan keluar pelaku lantas segera menggeber gas untuk kabur.

Korban kemudian berupaya berlari kencang untuk mengejar pencurian motornya hingga sampai keluar gang. Namun apes, karena situasi saat itu sepi, akhirnya pelaku bisa kabur dengan mudah dan tidak terkejar oleh korban.

"Di sini pas sepi, biasanya di depan itu ada yang jualan, ada tukang becak juga, tapi pas nggak jualan dan tukang becak pas nggak ada jadinya sepi. Mungkin kalau ada, ya bisa saja tertangkap. Saya sendiri juga dengar pas teriak maling-maling, tapi ya nggak bisa berbuat apa-apa karena di sini kan kebanyakan perempuan," jelasnya.

Dari informasi di grup RT, Informasinya, jika pelaku ternyata sudah sempat berkeliling di sekitar lokasi untuk mencari sasaran. Pelaku juga sempat terekam saat berjalan menyenggol kendaraan-kendaraan yang diparkirkan di gang. Diduga saat itu pelaku memang sengaja mengecek apakah kondisi motor dalam posisi terkunci stang atau tidak.

"Tapi karena mungkin di sana motornya ada alarm, jadinya nyari sasaran di sini. Mungkin di sini pas ada motor korban yang tidak kepasang alarm, sehingga pelaku langsung ngerusak kunci nyuri motornya itu," jelasnya.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Pupuk Bersubsidi, Kadis Pertanian Jombang Irit Bicara Usai Diperiksa Kejaksaan

 

Dari rekaman CCTV, ciri-ciri pelaku, berbadan atletis, memakai jam tangan, memakai kaos hitam dan celana pendek warna putih. Saat itu wajah pelaku juga sempat terekam jelas, karena masker yang dipakai diturunkan saat beraksi.

Usai kejadian tersebut, korban sudah melaporkan kejadian itu ke pihak berwajib. Pihak kepolisian sendiri juga telah mendatangi lokasi kejadian untuk melihat CCTV. Sementara itu mengantisipasi kejadian tersebut terulang, warga sekitar sepakat untuk melakukan penutupan portal memasuki waktu magrib. "Mulai hari ini rencananya portal mau ditutup sebelum magrib, ya semoga nggak terulang lagi," pungkasnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
curanmor malang Kriminalitas malang

Berita Lainnya