Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia saat memberikan bantuan pada pasien Covid-19 di Desa Ngranti / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia saat memberikan bantuan pada pasien Covid-19 di Desa Ngranti / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia menggelar Bakti Sosial pemberian bantuan sembako, tali asih, dan obat lianhwa serta prebiotik bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Boyolangu, Senin (28/09/2020). Dengan didampingi Muspika setempat, Pandia langsung menyerahkan bantuan pada tiga warga Ngrengit RT 1 RW 2 desa Ngranti Kecamatan Boyolangu.

Linhwa merupakan obat China yang salah satunya untuk mengobati flu dan pilek serta dipercaya mengatasi Covid-19. "Ini merupakan wujud kepedulian Polri dan memberikan motivasi kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 dan keluarga terdampak agar memiliki semangat untuk sembuh dengan dukungan moril serta Psikologis," kata Pandia.

Baca Juga : Operasi Yustisi Dinilai Efektif, Denda Administrasi Warga Tak Bermasker di Kota Malang Capai Rp 4 Juta

Bakti sosial ini diharapkan Pandia, dapat sedikit membantu serta meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. "Penyaluran sembako ini sudah yang kesekian kalinya dilaksankan di Polres Tulungagung dan Polsek jajaran," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Tulungagung juga memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang percepatan penanganan Covid-19 dengan melaksanakan disiplin memakai masker. Selain itu, Pandia tetap menekankan perlunya disiplin mencuci tangan, menjaga kebersihan, disiplin berilah raga, mematuhi protokol kesehatan, physical distancing, social distancing, penerapan aturan jam malam serta mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) melalui pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Dengan kegiatan bakti sosial ini dapat sedikit membantu atau meringankan beban masyarakat yang terkonfirmasi positif telah pulang dan keluarga terdampak," tambahnya.

Selain itu kegiatan Bakti Sosial juga memberikan dukungan moral kepada masyarakat Suspek Purbable yang telah pulang dan keluarga terdampak Covid-19. "Agar tabah dalam menghadapi kehidupan yang saat ini dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sehingga bersama-sama berupaya mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19," tegasnya.

Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa diharapkan akan lebih proaktif dalam kegiatan sambang dan pendataan kepada masyarakat tentang segala permasalahan utamanya sosial ekonomi sehingga apabila terdapat bantuan dari pemerintah dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Baca Juga : Satlantas Polresta Yogyakarta Launching Kendaraan Umum Tangguh Covid-19

"Bhabinkamtibmas akan selalu melakukan kunjung dan komunikasi kepada keluarga maupun Pasien terkonfirmasi Covid-19 agar selalu termotivasi dan tidak berkecil hati karena siapun bisa terjangkit Virus ini dan ini bukan merupakan Aib, maka dari itu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pihak desa akan selalu mendatangi keluarga maupun masyarakat sekitar untuk melakukan sosialisasi dan edukasi," imbuhnya.

Pihak keluarga juga diharapkan proaktif dan komunikatif memberikan informasi perkembangan terhadap pasien Terkonfirmasi Covid-19 kepada tiga pilar agar dapat selalu dimonitor perkembangannya.