Tim LO dari pasangan Ridwan dan Mudawamah saat konsultasi di Kantor KPU Kabupaten Kediri. (Eko arif s/Jatimtimes)
Tim LO dari pasangan Ridwan dan Mudawamah saat konsultasi di Kantor KPU Kabupaten Kediri. (Eko arif s/Jatimtimes)

Bak bola api yang terus menggelinding, suhu politik di Kabupaten Kediri terus beranjak memanas. Berbagai kejadian di luar dugaan pun menyelimuti  kontestasi pesta demokrasi lima tahunan dalam merebutkan tahta tertinggi di Kabupaten Kediri.

Seperti kabar yang beredar, jika Minggu besok (13/9/20) di hari penutupan pendaftaran perpanjangan bakal muncul pesaing pasangan calon Hanindhito Himawan Pramono - Dewi Mariya Ulfa dalam perebutan kandidat calon bupati dan wakil bupati Kediri periode 2021-2026.

Baca Juga : Konsolidasi Internal PKB, LaDub Punya Modal 306 Ribu Suara Warga

Bersamaan dengan munculnya calon baru , secara otomatis bakal memutus kekuatan pasangan Dhito-Dewi dalam menguasai keseluruhan partai politik sebagai kendaraannya dalam maju di bursa pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri.

Calon baru yang digadang-gadang maju sebagai pesaing Dhito-Dewi ini ialah Mudawamah yang notabene Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri yang akan digandengkan dengan sosok seorang pendakwah H. Ridwan.

Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengatakan, jika siang tadi, Sabtu (12/9/20) ada salah satu Liaison Officer (LO) partai politik yang coba berkonsultasi dengan KPU terkait dengan pendaftaran calon di masa perpanjangan ini.

"Sebenarnya Bapak Priyo Agung selaku LO partai politik di Kediri, namun saya tak berani menyebutkan beliau dari partai mana dulu. Intinya beliau sudah kedua kali ini berkonsultasi dengan KPU," kata Anwar.

Ditambahkan Anwar, LO partai ini datang sebagai penghubung perwakilan calon yang bisa kita katakan pendaftar baru. Kali ini , LO tersebut membawa sejumlah syarat calon. "Syarat calon tersebut tertulis atas nama Mudawamah dan Ridwan. Namun di sini mereka hanya menyertakan syarat calon, belum menyertakan syarat pencalonan yang terdiri dari rekomendasi persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Politik," kata dia.

Baca Juga : KPU Kabupaten Malang Verfak Ulang 40.321 Berkas Bapaslon Perseorangan

Namun lanjut Anwar, jika mereka berpesan kepada KPU jika besok pihaknya beserta bakal calon akan mendatangi kantor KPU untuk melakukan pendaftaran diri.

"Ya kita sebagai penyelenggara selama masa pendaftaran perpanjangan masih dibuka kita akan terbuka terhadap siapa saja yang ingin melakukan pendaftaran. Kebetulan, besok itu adalah hari terakhir sebelum masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Kediri ditutup. Jadi selama masih masa pendaftaran dibuka, kami sebagai penyelenggara siap melayani semua masyarakat yang ingin mendaftarkan diri. Tentunya pendaftaran diri tersebut ditunjang dengan syarat dan keabsahan dalam pencalonan," tandasnya.