Pengunjung menikmati udara segar Kebun Teh Nglinggo.
Pengunjung menikmati udara segar Kebun Teh Nglinggo.

Libur panjang satu Suro yang disusul cuti bersama hari berikutnya menjadi berkah tersendiri bagi pelaku pariwisata di Jogja. 

Berkah ini juga  dirasakan oleh Tri Utami, pemilik home stay Arjuna di kawasan wisata alam Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo.

Baca Juga : Wisatawan Berdatangan di Malang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel di Perbatasan

Tri mengaku sejak awal Agustus hingga berita ini diturunkan sudah mencatat tujuh keluarga yang menginap di home stay miliknya. Ia merasa senang dengan keputusan pemerintah yang menjadikan Jumat 21 Agustus sebagai hari libur cuti bersama. “Ini untuk malam Sabtu kemarin ada keluarga yang booking satu rumah full,” ungkapnya.

Menurut Tri, dengan modal seadanya, seluruh home stay di kawasan Kebun Teh Nglinggo selalu penuh terisi pada masa liburan panjang semacam ini. Home stay yang dimilikinya juga selalu menjadi pilihan pengunjung yang menginap, baik keluarga maupun rombongan, karena lengkapnya lokasi yang sangat strategis. “Fasilitas di sini TV per kamar, whaterheater, dan free wifi,” ujarnya. 

Wisata Kebun Teh Nglinggo ini sebenarnya kebun teh biasa yang menjadi mata pencaharian penduduk Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Karena letaknya yang cukup tinggi, hampir 1.000 mdpl (meter di atas permukaan laut), sejak dibuka sebagai objek wisata beberapa tahun lalu, kebun teh ini sering menjadi pilihan keluarga perkotaan untuk berlibur. Bahkan bukan hanya keluarga. Saat sebelum pandemi covid-19 melanda, banyak sekolah swasta dari berbagai kota di Jawa yang menjadikan wisata ini tujuan live in bagi siswa-siswanya. 

Dengan dikelola masyarakat lokal, sekolah bisa mengajarkan kepada siswanya bagaimana hidup di masyarakat pedesaan. Anak-anak yang berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo bisa belajar bagaimana cara memetik teh hingga mengolahnya untuk dapat dihidangkan sebagai minuman. 

“Kalau tidak hari libur, sekolah-sekolah dari Jakarta, Bandung, dan sebagainya banyak yang live in. Booking seluruh homes stay yang ada,” ungkap Tri Widiyanto, yang juga pemilik home stay.

Baca Juga : Wisatawan Melonjak, Malioboro Dijaga Ketat Polisi dan Satpol PP hingga Minggu

Untuk pengunjung lokal Jogja, Kebun Teh Nglinggo sering menjadi destinasi wisata anak-anak muda, baik yang masih sekolah menengah maupun sedang kuliah. Di tempat wisata  pesona alam di ketinggian ini, selain menawarkan banyak tempat berswafoto saat sunset, pengunjung juga dapat menghitung delapan puncak gunung di Jawa Tengah dan DIY. “Udaranya segar walau kemarau. Di kota kan panas banget sekarang,” ucap Erni Linda Astuti, salah satu mahasiswi di Jogja.

Selain dapat mengunjungi hamparan kebun teh, jika pengunjung belum puas, juga dapat naik hingga Puncak Kendeng Gunung Kukusan. Dari puncak ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat memikat mata.

Meskipun hanya dibuka dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, dengan menginap di home stay yang ada, pengunjung tetap bisa berburu sunrise di Puncak Widosari pada  pagi hari.