Suasana Jalan Ahmad Yani saat Kamis (20/8/2020) sore hari (Hendra Saputra)
Suasana Jalan Ahmad Yani saat Kamis (20/8/2020) sore hari (Hendra Saputra)

Masuk dalam long weekend atau libur panjang, volume kendaraan yang masuk ke Kota Malang meningkat sekitar 25 hingga 30 persen. Hal itu membuat Satlantas Polresta Malang Kota mengantisipasi padatnya arus lalu lintas dengan menempatkan 164 personel untuk berjaga hingga Minggu (23/8/2020).

Mulai Kamis (20/8/2020) hingga Minggu (23/8/2020) Satlantas Polresta Malang Kota akan menjaga kondusifitas arus lalu lintas mengingat pada jangka waktu empat hari itu adalah libur panjang.

Baca Juga : Grojogan Watu Purbo Tawarkan Keindahan Puncak Merapi Merbabu dari Dasar Air Terjun

Di Kota Malang sendiri merupakan perlintasan jika masyarakat luar kota yang ingin berlibur ke Kota Batu atau Kabupaten Malang khususnya Malang Selatan. Sehingga Satlantas Polresta Malang Kota harus bersiap jika ada lonjakan pengendara yang masuk ke wilayahnya.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution atau yang akrab disapa Rama mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengendalikan kawasan tertib lalu lintas (KTL) sebagai bentuk meneruskan konsentrasi dari Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim).

"Satlantas sekarang saya kendalikan di jalur KTL karena perintah dari Ditlantas untuk konsentrasi di arus lalu lintas saja," ucap AKP Rama ketika dihubungi media ini Kamis (20/8/2020).

Karena konsentrasi untuk menghalau kemacetan, Satlantas Polresta Malang Kota menyiapkan ratusan personel agar arus lalu lintas semua wilayah termasuk perbatasan tetap kondusif.

"Saat ini untuk 164 personel dibagi dua Shift mulai hari ini, besok sampai Minggu karena hari libur juga jadi kami tempatkan di KTL dengan konsentrasi kita di wilayah Sukun dan Lowokwaru sampai Sabtu besok kemudian juga untuk yang menuju Batu dan Malang Selatan," ungkapnya.

Baca Juga : Banyu Anjlok dan Boon Pring, Dua Surga Alam Kabupaten Malang Jadi Nominasi API Award 2020

"Untuk Sabtu sore dan Minggunya kami antisipasi untuk yang akan kembali ke wilayah Surabaya, yang Batu turun atau dari Malang Selatan," imbuhnya.

Untuk diketahui, Long Weekend saat ini diantisipasi oleh Satlantas Polresta Malang Kota karena beberapa tempat wisata di Kota Batu dan Kabupaten Malang sudah dibuka.