Bupati Lumajang ketika berdialog dengan Bu Maati dikediamannya (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang ketika berdialog dengan Bu Maati dikediamannya (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Kondisi rumah Bu Maati, seorang janda berusia 82 tahun dari desa Jatirejo Kecamatan Kunir Lumajang benr-benar memprihatinkan. Kehidupannya yang pas-pasan, membuat Bu Maati tinggal di sebuah rumah dari bambu dan kurang layak, bersama anak perempuan dan cucunya yang masih berusia sekitar 3 tahun.

Kondisi Bu Maati yang serba kekurangan ini kemudian disampaikan kepada Ali Ridho, salah seorang aktivis di Lumajang, yang juga admin dari sebuah group Facebook Lumajang Melawan.

Baca Juga : Berdandan Ayu, Penyanyi Dangdut Demo Bupati, Tuntut New Normal Life

"Kami menerima laporan dari salah seorang warga setempat. Keadaan ini kemudian kami teruskan kepada Bupati Lumajang dengan harapan bisa dibantu," kata Ali Ridho kepada media ini.

Kurang dari 24 jam setelah menerima laporan tersebut, pada hari ini, Senin (20/7) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq kemudian mendatangi rumah Bu Maati di desa Jatirejo Kecamatan Kunir Lumajang.

Ikut hadir di kediaman Bu Maati Camat Kunir, Kepala Desa setempat, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Lumajang langsung meminta kepada Dinas Sosial untuk segera memperbaiki rumah Bu Maati, di lahan yang ditempatinya sekarang.

Baca Juga : Dituding Sebagai Cawabup Lumajang, Agus Setiawan SE Angkat Bicara

"Lahan yang ditempati milik saudaranya, dan saudaranya tidak keberatan kalau Bu Maati dibuatkan rumah yang lebih layak ditanah miliknya. Semoga saja segera terealisasi pembangunan rumah itu," kata Ali Ridho kepada Jatimtimes.

Bu Maati tinggal bersama anak perempuannya, yang juga seorang janda setelah suaminya meninggal. Cucunya yang masih berusia tiga tahun juga tinggal di rumah yang sangat sempit tersebut.