26/11/2022 Minimalisir Antrean, Disdukcapil Jember Buka Layanan e-KTP di RTH | Jatim TIMES

Minimalisir Antrean, Disdukcapil Jember Buka Layanan e-KTP di RTH

Jul 17, 2020 20:28
Bupati Faida Meninjau lokasi pelayanan Adminduk di RTH Gajah Mada
Bupati Faida Meninjau lokasi pelayanan Adminduk di RTH Gajah Mada

Pewarta: Hirna Ramadhanianto | Editor: A Yahya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Jember mencoba berinovasi dengan membuka layanan administrasi kependudukan di luar kantor. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Gajah Mada di Kecamatan Kaliwates dipilih untuk mengawali pelayanan adminduk berupa KTP elektronik.

Bupati Faida di sela peninjauan di RTH Gajah Mada menyampaikan, layanan adminduk di RTH ditujukan bagi masyarakat pemula atau yang baru pertama memiliki e-KTP. "Khususnya anak muda ya, kami ingin RTH bisa dijadikan tempat layanan bagi publik," ucapnya.

Baca Juga : 71 Akomodasi Penginapan dan Destinasi Wisata di Kota Batu Siap Beroperasi

Di tengah pandemi Covid-19, penggunaan RTH sebagai alternatif bisa menjadi solusi untuk menghindari kerumunan dan antrean di kantor Disdukcapil.

Wabah yang masih berlangsung saat ini turut menyumbang tersendatnya penyelesaian dokumen adminduk. Di kawasan kota sendiri, kata bupati, masih ada sekitar 6000 sasaran yang harus dituntaskan dengan rata-rata 2000 pemohon setiap kecamatan kota.

Lebih jauh bupati mengatakan, pembukaan layanan adminduk di luar kantor diharapkan bisa menghidupkan RTH dengan terus berputarnya roda perekonomian di sekitar. "Tentunya tetap harus menerapkan physical distancing. Supaya pujaseranya berjalan, pertunjukan berjalan, dengan penonton yang dibatasi," ujarnya.

Baca Juga : Usai Jalani Rapid Test, Bupati Jember Berangkatkan Ratusan Santri ke Situbondo

Untuk diketahui, inovasi pembukaan layanan adminduk di luar kantor Disdukcapil tidak hanya berada di RTH, sebelumnya Disdukcapil juga membuka gerai di pertokoan Roxy Mall, dan setiap kantor kecamatan.

Judul berita Minimalisir Antrean, Disdukcapil Jember Buka Layanan e-KTP di RTH.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Disdukcapil Jember Bupati Jember dr Hj Faida MMR

Berita Lainnya