stress
stress

Stres merupakan kondisi di mana seseorang sedang mengalami gangguan secara fisik ataupun psikologis. Stres disebabkan karena orang tersebut tertekan secara psikologi baik karena diri sendiri ataupun dari luar dirinya.

Sebenarnya stres merupakan kondisi normal yang pasti dialami oleh semua orang. Namun stres bisa sangat berbahaya apabila stres tersebut berkepanjangan dan tidak segera diselesaikan.

Baca Juga : Bingung Cari Alamat atau Nomor Telepon Lokasi Penting? Lihat Saja Aplikasi Ini

Stres yang berlebihan akan berakibat buruk pada psikis bahkan pada tubuh manusia. Bila stres berlebih maka psikis menjadi terganggu, seperti sulit fokus, menyalahkan diri, mudah khawatir, depresi, mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok ataupun minum minuman keras. 

Selain membuat psikis terganggu, tubuh manusia juga akan menjadi lemah. Respon tubuh manusia terhadap stres bisa seperti sakit kepala atau pusing, imunitas menurun sehingga mudah terserang penyakit, mudah merasa letih karena energi terbuang sia-sia karena stres.

Selain hal tersebut, stres juga dapat memicu penyakit yang disebut psikosomatis. Psikosomatis adalah penyakit atau keluhan fisik yang timbul karena faktor psikologis,atau karena tertekan oleh masalah yang berat. 

Gejala psikosomatis sangat bermacam-macam dan tidak semua orang mengalaminya. Gejala tersebut seperti ketika tertekan atau stres maka sering batuk-batuk, gatal atau ruam pada kulit, sakit maag, bahkan ada yang merasa sesak nafas.

Secara fisik memang merasakan sakit, namun ketika diperiksa oleh dokter maka hasilnya tidak terdapat penyakit pada orang tersebut. Karena penyakit tersebut timbul karena tekanan psikologis atau stres yang dialami orang tersebut.

Baca Juga : Perhiasan-Perhiasan Unik, Berbentuk Hansaplast hingga Alat Potong Kuku

Dengan demikian hindarilah stres, dan apabila anda mengalami stres maka segeralah tangani jangan berlarut-larut. Selesaikanlah masalah yang membuat anda stres, lalu kemudia ubahlah pola berfikir anda supaya tidak mudah stres.