Rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (forkopimka) di Balai Desa Tanjungrejo, Selasa (7/72020).(Foto Umar Tuban Times)
Rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (forkopimka) di Balai Desa Tanjungrejo, Selasa (7/72020).(Foto Umar Tuban Times)

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Singgahan, Kabupaten Tuban menaruh harapan besar pesta demokrasi berjalan sukses. Meskipun, pesta demokrasi saat ini berada di tengah pademi Covid 19.

Bahkan, PPK juga berharap partisipasi masyarakat  pada pemilihan bupati (pilbup) bisa lebih tinggi dibanding pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg). 

Baca Juga : Dukungan untuk Henry-Yasin kian Kuat, PKB Gelar Konsolidasi Jelang Pilwali Blitar

”Kami berharap bisa bersama mensukseskan pesta demokrasi ini. Partisipasi masyarakat harus tetap ditingkatkan walaupun pandemi belum usai. Jika pada pileg dan pilpres partisipasi masyarakat singgahan 69 persen, maka dalam pilbup ini semoga bisa di atas 77 persen, sesuai target KPU Kabupaten," kata ketua PPK Singgahan, Windyo Suparsono  saat rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (forkopimka) di Balai Desa Tanjungrejo, Selasa (7/72020).

Dalam kesempatan itu, Windyo juga menjabarkan tahapan pemilu, teknis pemilu dalam masa new normal, dan tahapan coklit yang akan dilakukan oleh PPDP pada tanggal 15 Juli-13 agustus 2020. “Komunikasi menjadi hal yang wajib dilakukan oleh penyelenggara. PPS harus koordinasi dengan pemerintahan desa, menjaga silaturahmi dan menyampaikan setiap informasi sesuai arahan KPU," tegasnya.

Rapat koordinasi merupakan agenda rapat kordinasi dan evaluasi bulan juli 2020. Kegiatan ini merupakan kegiatan bulanan Forkopimka Singgahan. Kegiatan ini sebelumnya bernama Konferensi Kecamatan, namun setelah vakum selama masa pandemi nomenklatur kegiatan diubah menjadi Rapat Kordinasi dan evaluasi, hal ini bertujuan meminimalisir potensi penularan corona.

Kegiatan yang digelar di balai desa Tanjungrejo ini dihadiri oleh seluruh stoke holder kecamatan. Yaitu Camat Singgahan, Sekcam, Danramil 0811/16 Singgahan, Kapolsek, Upt dinas, kordinator wilayah/instansi/lembaga, seluruh kepala desa serta unsur pendamping desa yang selama ini mengawal segenap program di Singgahan.

Sementara itu, Camat Singgahan Gaguk Haryanto mengimbau pimpinan di kecamatan singgahan untuk bisa dijadikan panutan. "Seluruh pimpinan di kecamatan singgahan wajib memberi contoh dan tauladan kepada masyarakatnya terkait protokoler new normal," papar Gaguk.

Baca Juga : KPU dan Bawaslu Pacitan Aktifkan Semua Mesinnya Hadapi Tahapan Pilkada 2020

Dia juga menyampaikan pentingnya perhatian bersama pada gawe besar pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 desember 2020 nanti.

Dalam agenda rapat koordinasi itu juga diikuti segenap anggota PPK Singgahan. Antara lain, Muhajir dari desa Mulyoagung, M.Burhanuddin dari Lajo Lor, Mustakim dari desa Tanggir dan Agus Umar Faruq dari desa Tanggir.

Kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh kepala desa Tanjungrejo M.Syaefuddin. Kegiatan berjalan kondusif sesuai protokoler new normal. Semua peserta rapat memakai masker, dan menjaga jarak aman.