DPC PKB Kota Blitar gelar konsolidasi kuatkan barisan memenangkan Henry-Yasin di Pilkada Kota Blitar 2020.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
DPC PKB Kota Blitar gelar konsolidasi kuatkan barisan memenangkan Henry-Yasin di Pilkada Kota Blitar 2020.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar merapatkan barisan untuk bersiap menghadapi Pilkada serentak 2020. Mesin politik partai diperkuat dengan gelar konsolidasi internal, Jumat (3/7/2020) malam. 

PKB yang mengusung pasangan calon Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto diprediksi bakal merajai Pilkada Kota Blitar 2020. 

Baca Juga : Golkar Yakin 4 Partai di Parlemen Sangat Mungkin Diajak Berkoalisi di Pilkada Malang 2020

 

Agenda yang digelar dirumah Ketua Dewan Syuro DPC PKB KH Ali Zen di Dawuhan, Kecamatan Kepanjenkidul kali ini dihadiri oleh kader dan para petinggi partai. Diantaranya pengurus DPC, Dewan Syuro,  PAC, Ranting,  dan anggota Fraksi PKB di DPRD Kota Blitar. 

“Agenda ini digelar untuk mensolidkan internal PKB dalam menghadapi Pilkada Kota Blitar 2020. PKB sendiri termasuk yang punya hajat dengan memberangkatkan Mas Henry dan saya sebagai calon wakilnya. Konsolidasi ini dalam rangka penguatan sebagai upaya agar niat hajat kita bisa sukses dan berhasil, yaitu berhasil menjadi pemenang,” ungkap Yasin Hermanto.

Politisi yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD Kota Blitar menegaskan, rekom DPP PKB untuk Pilkada Kota Blitar 2020 nanti murni merupakan keputusan dari DPP. Dirinya juga memastikan rekom tersebut tidak ada campur tangan siapapun termasuk dari DPW dan DPC PKB Kota Blitar. 

Adapun salah satu proses yang dilakukan oleh DPW dan DPP PKB dalam mengeluarkan rekomendasi adalah dengan melakukan survei. Terkait ini, tim dari DPW dan DPP telah melakukan survei di Kota Blitar sejak jauh-jauh hari. Bahkan hingga hari ini diketahui tim survei masih berada di Kota Blitar. Adapun hasil sementara ini Henry yang merupakan putra sulung mantan Wali Kota Blitar M Samanhudi Anwar menjadi nama terkuat di Pilkada 2020. 

“Siapa yang surveinya paling tinggi ya dialah yang bakal maju lewat PKB. Dan saya sebagai ketua partai harus siap dengan segala apapun. Termasuk ketika saya ditunjuk sebagai solusi terakhir untuk mendampingi Mas Henry ya saya harus siap,” tegasnya.

Beberapa usulan dari kader PKB muncul dari forum ini. Diantaranya para kader ingin agar rekom untuk pasangan Henry-Yasin segera diturunkan oleh DPW. 

Agar rekom segera turun, para kader berinisiatif untuk mengumpulkan tanda tangan mulai dari tingkat DPC, PAC, Ranting hingga Dewan Syuro untuk dibawa ke DPW sebagai bukti dukungan kepada pasangan ini. Para kader menilai dengan segala kredibilitas, kapasitas dan kemampuannya, pasangan ini adalah yang paling mumpuni dalam memimpin dan mengawal pembangunan Kota Blitar pada periode mendatang. 

Dorongan dari para kader PKB itu disambut baik oleh Fraksi PKB DPRD Kota Blitar. Totok Sugiarto selaku perwakilan anggota Fraksi PKB menilai bahwa dukungan tanda tangan para kader dan simpatisan PKB Kota Blitar ke DPW merupakan bukti bahwa pencalonan pasangan Henry-Yasin tidak ada persoalan di tingkat internal partai. 

Baca Juga : Pelayanan Kabupaten Malang Terpusat, Warga Resah, Ini Tanggapan Umar

 

“Pencalonan pasangan ini mekanismenya jelas. Sesuai dengan instruksi dan arahan dari DPW dan DPP. Untuk urusan rekom ini kan kewenanganya DPP, kita hanya bertugas menyodorkan nama-nama. Sementara dalam proses ini, sebagaimana di lapangan yang terkuat hasil surveinya kan Henry. Jadi pas sekali bila PKB mengusung Henry Pradipta Anwar sebagai calon Wali Kota Blitar dalam menghadapi incumbent dari PDIP,” tandas  Totok. 

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Blitar, KH Ali Zen di kesempatan ini secara tegas dan terang-terangan memberikan doa restu dan dukungan kepada pasangan Henry-Yasin yang akan berlaga di Pilkada Kota Blitar 2020.

“Saya selaku Ketua Dewan Syuro PKB Kota Blitar mendukung 100% pencalonan Mas Henry dan Pak Yasin sebagai calon Wali k6ota dan wakilnya. Semoga semuanya kader PKB Kota Blitar kompak mendukung pencalonan ini. Saya merestui dan mendoakan,” tegas Kiai Ali.

Kiai Ali menilai figur Henry Pradipta Anwar dan Yasin Hermanto merupakan karakter pemimpin yang saat ini diinginkan dan dibutuhkan rakyat. Hal ini terlihat dari besarnya dukungan untuk pasangan ini yang datang langsung dari mayoritas rakyat Kota Blitar.

“Dulu saat penjaringan, yang paling banyak pendukungnya ya Mas Henry, yang ngantar hampir 3000 orang. Dan diajak wawancara itu lancar, kalau lainya masing blekak blekuk, lha ini kalau yang lain tidak bisa dipercaya kredibilitas dan kapasitasnya. Pak Yasin orangnya juga bagus, dia wakil ketua DPRD, sudah pengalaman dan kualitas kepemimpinanya bisa dipertanggungjawabkan karena sudah pengalaman di tataran pemerintahan,” pungkasnya.