Kondisi Jalan Malioboro Yogyakarta
Kondisi Jalan Malioboro Yogyakarta

Dinas Pariwisata Kota Yogya melakukan simulasi new normal di beberapa titik kota dan obyek wisata. Silumasi itu direspons positif oleh sejumlah wisatawan yang suka berkunjung ke pusat kota khususnya malioboro, tugu, kraton dan jalan sekitarnya. 

Salah satu di antaranya adalah Asrofi. "Situasi Malioboro sudah mulai ramai meski hanya pesepeda, untuk penjual sudah mulai ada sih. Tapi, tidak banyak karena pengunjung masih sedikit,” terangnya.

Baca Juga : Wisata Bromo Bakal Segera Dibuka dalam Waktu Dekat, Tapi ....

Untuk diketahui, sebelumnya ada pertemuan yang dilakukan di hotel Ruba Graha Jogja oleh Dinas Pariwisata pada akhir Juni lalu. Pertemuan tersebut sudah membicarakan terkait objek daya tarik wisata (ODTW) yang siap dibuka di era new normal, dan harus  sesuai protokol kesehatan.

Menurut Dinas Pariwisata Kota Jogja, diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan dapat menekan angka peningkatan kasus positif. Adapun protokol kesehatan yang harus dipenuhi ODTW terdiri dari memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ODTW, dan selalu menjaga jarak bagi hotel maupun restoran.

Terkait aturan tersebut, pengunjung Malioboro pun mematuhinya. Mereka juga menyatakan sudah kangen dengan suasana ramai di jalanan Malioboro.