Beberapa tim yang bersiapa melakukan rapid test di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Beberapa tim yang bersiapa melakukan rapid test di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

Karantina lokal Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji selama 14 hari akan berakhir pada 5 Juni 2020 mendatang. Dengan adanya 13 orang konfirm Covid-19 dan dua orang meninggal dunia, rencananya usai karantina lokal akan dilanjutkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PBSL).

“Tadi (Selasa (2/6/2020)) sudah dilakukan evaluasi karantina lokal yang selama ini ditangani oleh Pemerintah Desa Giripurno nantinya akan dibentuk PBSL (pembatasan sosial berskala lokal) Giripurno,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid 19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Bak Drama Korea, Percakapan Suami dengan Selingkuhan PNS Kota Malang Viral

Ia menambahkan, PBSL ini konsepnya hampir sama dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Kota, namun ini skala lokal. 

Ditunjuk sebagai Ketua PSBL yakni Camat Bumiaji dengan dibantu 4 gugus tugas. Yakni Bidang keamanan, Bidang Desinfeksi, Bidang Jaring pengaman sosial dan ekonomi serta Bidang kesehatan.  

“Selain itu juga akan dilibatkan aparat TNI / Polri, Satpol dan Linmas serta SKPD terkait. Karantina lokal akan selesai tanggal 5 Juni 2020, setelah itu akan dilanjutkan dengan PSBL,” imbuhnya.

Menurutnya saat ini Pemkot Batu sementara fokus pada Desa Giripurno melihat peningkatan pasien konfirm yang signifikan, dan meninggal dunia 2 orang juga sudah terjadi transmisi lokal. Sebelumnya karantina lokal itu dilakukan di sana lantaran jumlah pasien konfirm mengalami kenaikan.

Baca Juga : Bahaya! RS Rujukan Berpotensi Jadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19 di Malang

“Namun bukan berarti desa/kelurahan yang lain tidak diperhatikan. Masing-masing wilayah akan selalu  dilakukan pemantauan dan pengawasan khususnya perkembangan epidemiloginya,” tutup pria yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah ini.

Sementara itu karantina lokal itu dilaksanakan pada 2 RW di Desa Giripurno. Yakni di RW 3 yang meliputi RT 11, RT 12 dan RT 13, dan RW 9 pada RT 60 dan RT 61.