Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung, Maryoto Birowo (jaket hitam) (joko Pramono for Jatim Times)
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung, Maryoto Birowo (jaket hitam) (joko Pramono for Jatim Times)

Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid19 kabupaten Tulungagung kembali bertambah. Jika sebelumnya ada 52 pasien terkonfirmasi positif covid19, kini jumlahnya bertambah menjadi 57 orang.

Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Tulungagung, Maryoto Birowo, Rabu (27/5/20) dalam pers rilis di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Viral Video Ibu-Ibu dan Bapak Senam Pagi di Gang, Cara Unik Warga Malang Sambut New Normal

"5 orang (pasien terkonfirmasi positif covid19), yang 3 dari RSUD dr. Iskak, yang 2 dari perusahaan rokok kecamatan Pakel," ujar Maryoto Birowo.

Dari RSUD dr Iskak, terdiri dari 1 dokter dan 2 paramedis atau perawat.

Saat ini ketiga pasien yang berasal dari RSUD dr Iskak dirawat dan dikarantina di asrama RSUD dr Iskak.

Sedang 2 pasien dari pabrik rokok dikarantina di rusunawa IAIN Tulungagung.

"Karena yang 3 berasal dari RSUD, maka (dirawat) di mess (asrama) RSUD dr Iskak," terangnya.

Meski belum bisa memastikan asal penularanya, dugaan awal ke 3 petugas medis itu tertular dari cluster pasien Ngadiluwih yang sempat dirawat di RSUD dr Iskak beberapa waktu lalu.

"Tapi yang jelas hasil swapnya positif," tegas Maryoto.

Untuk karyawan pabrik rokok berasal dari wilayah kecamatan Kedungwaru dan Kecamatan Canpurdarat.

Kedua karyawan ini berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga : Antisipasi Pendatang dan Pemudik Masuk Magetan, Polsek Maospati Lakukan Penyekatan

Dengan adanya penularan di RSUD dr Iskak dan pabrik rokok, maka bisa dipastikan jika sudah terjadi penularan lokal di wilayah Tulungagung.

"Iya betul itu, transmisi lokal," tutur Maryoto.

Maryoto juga menjelaskan jika saat ini ada 14 pasien yang dinyatakan sembuh. Sehingga saat ini ada 43 pasien positif covid-19 yang dirawat.

Dari 43 pasien yang dirawat itu, 2 masih berusia anak-anak. RAH (15) dari Boyolangu dan MZ (15) dari wilayah kecamatan Kota.

RAH sendiri juga mempunyai saudara yang dinyatakan positif covid19, RAG (23).

RAH dan RAG merupakan kakak beradik yang tinggal serumah.

Keduanya memiliki riwayat sebagai PDP karena sempat dirawat di RS Baptis Kediri, sebelum diperbolehkan pulang karena sudah dinyatakan sembuh namun hasil swab atas keduanya baru keluar pada Sabtu (23/5/20) kemarin.